Prabowo-Hatta 60 Persen, Jokowi-JK 35 Persen

Mengkomentari artikel JPNN berjudul sama , diketahui Tim Generasi PH mengadakan survey sendiri dengan 1500 responden dan didapatkan hasil pasangan Prabowo – Hatta mendapatkan 60% suara dibandingkan Jokowi – JK yang mendapatkan 35% . Aku ingin mencermati teknik sampling survey internal yang berlangsung di tujuh provinsi seperti tertera diberita JPNN , mencakup : DKI Jakarta , Jawa Barat , Lampung , Sumatera Selatan , Sumatera Barat dan Sumatera Utara. Dilihat dari sampling terhadap tujuh provinsi itu maka aku ingin mengkritik beberapa hal .

Sampling Tidak Mencakup Indonesia Timur.

Sampling tidak mencakup provinsi kawasan Indonesia Timur yang sering dianggap sebagai basis pendukung cawapres Jusuf Kalla .

Nukilan Berita

  • Prabowo Subianto mengatakan siap memenangkan dukungan di timur Indonesia. Selama ini kawasan timur Indonesia dipandang sebagai basis massa pendukung Jusuf Kalla yang menjadi rival Prabowo-Hatta dalam pemilihan presiden 9 Juli mendatang. (Prabowo Subianto , Viva News)
  • Dewan Pakar Tim Pemenangan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, Fadel Muhammad, mengakui bahwa pihaknya akan kesulitan dalam meraih banyak dukungan di Indonesia bagian Timur dalam Pilpres mendatang. Sebab, wilayah tersebut mayoritas mendukung pasangan Jokowi-Jusuf Kalla. “Kita harus jujur, wilayah timur sangat kuat solidaritasnya dan sulit mempengaruhinya, karena wilayah ini suara JK,” kata Fadel dalam acara Silahturahmi Alumni ITB di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Minggu (8/6/2014), seperti dikutip Tribunnews.com. (Kompas)

Survey Tidak Mencakup Jawa Tengah , Jawa Timur , Jogjakarta dan Bali .

  • Jawa Barat memang menjadi ajang berat untuk perebutan simpati mengingat provinsi ini terdapat jumlah pemilih terbesar ( 32 juta ) , tetapi hanya berbeda tipis dengan dua provinsi padat populasi seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur yang tidak masuk dalam hasil survey diatas.  (Data Tabel dari kpu.go.id)
 JAWA BARAT 32.561.072
JAWA TENGAH 27.126.970
JAWA TIMUR 30.395.895
  • Sebagai data tambahan beberapa provinsi yang dimenangkan PDI-Perjuangan

Artikel JPNN diatas disebutkan ”

“Kita ingin menindaklanjuti hasil dua lembaga survei, LSI dan SPIN yang menyatakan pasangan Prabowo-Hatta mengalahkan Jokowi-JK. Ternyata hasil yang kita dapat di lapangan membuktikan kebenaran dua lembaga survei itu, (Sekretaris Nasional Generasi PH , JPNN)

Team survey PH hanya menyorot survei yang menyebutkan keunggulan Prabowo – Hatta di DKI Jakarta dan Banten . Padahal hasil survey LSI dipaparkan lebih jelas dalam artikel Tribunnews .  Disebutkan dalam link tsb bahwa Prabowo – Hatta memang memenangkan DKI – Banten versi LSI , tetapi pasangan Jokowi dan JK akan menang di beberapa provinsi penting karena jumlah pemilih yang besar dibandingkan provinsi lain . Versi LSI menyebutkan Jokowi – JK akan menang di Jawa Tengah , Jawa Timur , Sumatera Utara , Sulawesi Selatan dan Jawa Barat .

Versi LSI .

Jawa Barat ( Jokowi – JK 39 % , Prabowo – Hatta 30%)
Banten (Jokowi – JK , 26% , Prabowo – Hatta 33,5%)
DKI Jakarta (Jokowi – JK 30,6% , Prabowo – Hatta 33,5%)
Jawa Tengah (Jokowi – JK , 38,6% , Prabowo – Hatta 15,5% )
Sumatera Utara ( Jokowi – JK 48% , Prabowo – Hatta 16,4%)
Jawa Timur (Jokowi – JK 43,7% , Prabowo – Hatta 19,2%)

Prabowo – Hatta boleh saja menang di dua provinsi penting , tetapi Jokowi – JK menang di lima provinsi padat . Total dari tujuh provinsi ini mewakili 70% pemilih nasional . Dan terlihat jelas survey Team Generasi PH menghindari provinsi penting seperti Jawa Timur , Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan .

Tulisan aku ini untuk menanggapi artikel JPNN berjudul Prabowo – Hatta 60% yang terlalu bombastis

 

 

Referensi :

  1. http://www.jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&id=239069
  2. http://nasional.kompas.com/read/2014/06/08/2115515/Fadel.Akui.Prabowo-Hatta.Sulit.Ungguli.Jokowi-JK.di.Indonesia.Timur
  3. http://www.tribunnews.com/pemilu-2014/2014/06/04/provinsi-yang-akan-dimenangkan-prabowo-dan-jokowi-versi-lsi

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s