Mie Tertua Didunia

Huang Dada | Masyarakat di Indonesia sudah terbiasa dengan mie di segala lapisan masyarakat , dari penjual bakmi di gerobak dorong sampai restaurant tradisional dan modern.Tapi tidak banyak yang menyadari bahwa mie adalah makanan tradisional Tionghua yang sudah berusia tua. Dalam pembuatannya diperlukan tepung , air dan berbagai proses fisik sampai akhirnya menjadi mie.

Mengenai asal usul atau yang pertama kali membuat mie ,  masih mengundang perdebatan apakah berasal dari Italia , Arab ataukah Tiongkok? Dalam penelitian satu situs arkeologis di Lajia , Tiongkok , ditemukan sisa-sisa mie tertua didunia . Wujudnya berupa untaian sepanjang 50 cm , lebar 0.3 cm dan berwarna kuning.[1] Melalui uji radiocarbon diperkirakan usianya sudah 4000 tahun.  Dengan demikian sejauh ini terbukti bahwa orang Tionghoa kuno yang menciptakan  mie tertua didunia .[2]

Menurut penelitian lebih lanjut , pemukiman kuno dimana situs arkeolog ditemukan terkena katastrofi gempa bumi secara mendadak dan tulang-tulang yang terkubur dalam posisi tidak normal seperti Pompeii [3]. Dan seperti layaknya orang dikubur setelah kematian alami dan proses sosial.  Mie ini bisa terlestarikan karena berada dalam ruang vakum yang tercipta secara alami akibat bencana alam itu ||| READ MORE.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s