Alaska Purchase 1867 – Kesalahan Terbesar Russia

Dada  | Kekaisaran Russia mulai menjelajah ke Alaska pada paruh pertama abad ke 17 dan menguasainya untuk 125 tahun berikutnya. Vitus Bering lah yang merintis ekspedisi ke Alaska pada tahun 1741 . Namanya diabadikan menjadi nama selat yang menghubungkan daratan Asia-Russia dengan Alaska , yaitu selat Bering.

Kekaisaran Russia mulai mengalami krisis finansial setelah terlibat dalam perang berskala besar seperti Perang Krimea (1853-1856). Dalam perang ini Russia berhadapan dengan kekuatan utama Eropa seperti Prancis , Inggris , Sardinia (Italia) , Nassau (Jerman).  Dan Russia kalah.

Krisis finansial ini mendorong Russia untuk menjual Alaska. Disamping itu Tsar Russia khawatir bahwa kekuatan militer mereka tidak akan cukup untuk menjaga wilayah Alaska yang begitu jauh dari kemungkinan ancaman konflik. Konflik yang mungkin pecah dengan Inggris yang telah mengalahkan Russia dalam Perang Krimea. Russia mulai menawarkan Alaska pada Amerika Serikat di tahun 1589 setelah Inggris tidak berminat. Secara strategis , dengan menjual Alaska ke Amerika Serikat , maka ancaman Inggris terhadap wilayah Russia bisa berkurang dan juga mengatasi krisis yang melanda Russia.

Rusia gagal mencapai kesepakatan dengan AS menyusul pecahnya Perang Saudara. Namun, pihak melanjutkan pembicaraan setelah akhir perang. : orang-orang Amerika tampaknya keraguan mereka tentang kelayakan kesepakatan.

Penjualan ini tertunda oleh Perang Saudara yang terjadi di Amerika Serikat dan baru dilanjutkan lagi setelah perang selesai. Eduard Stekl, utusan Rusia ke Washington, adalah perunding utama Rusia dalam pembicaraan. Stekl bernegosiasi untuk penjualan Alaska dengan harga 7.2 juta dollar. Perlu dicatat bahwa 165 ribu dollar dialokasikan untuk menyuap beberapa senator AS dan wartawan. Akhirnya Amerika Serikat membeli Alaska dengan seharga 7.2 milyar dollar. Dengan demikian Amerika Serikat telah menambah wilayah mereka sebesar 1.7 juta kilometer persegi. Sebuah daerah yang sangat luas yang hampir menyamai luas daratan Indonesia.

Image hosting by IMGBoot.com

Cek Senilai 7.2 Juta Dollar Yang Dibayar Amerika Serikat Terhadap Kekaisaran Russia

Pihak Russia

“Alaska Purchase” di pandang salah satu kekonyolan terbesar dari Tsardom Russia dalam menyelesaikan permasalahan. Penjualan Alaska dinilai terlalu murah untuk wilayah yang begitu luas. Dan sangat merugikan Russia di kemudian hari karena wilayah Alaska ternyata sangat kaya emas. Pravda menyebutnya transaksi itu sebagai “huge mistake” , suatu kesalahan besar. Penjualan Alaska juga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap anggaran Rusia pada masa itu yang diperkirakan 500 juta rubel.

Tetapi secara strategi , kebijakan Tsar Alexander II bisa di pertanggungjawabkan. Russia baru kalah perang melawan Inggris dan Prancis dalam Perang Krimea. Wilayah Alaska sangat jauh dari pusat kekuasaan Russia dan sulit untuk di pertahankan jika terjadi konflik. Dan Russia bisa terancam kehilangan Alaska tanpa kompensasi sedikitpun. Sementara Inggris mengontrol wilayah Kanada dan siap mengancam kapan saja.Dengan penjualan Alaska , maka secara tidak langsung Russia memblokade ancaman Inggris dengan kedudukan AS yang mengambil alih Alaska.

Pihak Amerika

William H. Seward sangat antusias dengan kemungkinan perluasan wilayah AS. Seward lah yang memungkinkan “Alaska Purchase” itu terjadi. Russia juga dinilai sebagai partner yang mendukung AS selama negara itu dilanda perang saudara.  Sementara Inggris mengambil sikap yang bermusuhan dengan AS. . Seward lah yang bertanggung jawab terhadap transaksi tersebut. Pihak yang menentang menyebut peristiwa itu sebagai “Seward’s Folly” sampai tahun 1896.  Wilayah Alaska kemudian terbukti mengandung emas dalam jumlah banyak.Dan secara geografis , Alaska menambah luas wilayah AS

Bentara.Asia | Shinmen Takezo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s