Tiongkok Menganggap Amerika Serikat Sebagai Ancaman

SUS was the only country capable of threatening China’s national security interests in an all-round way. Japan has no such ability, while Russia has no such motivation and India is more worried about China, Yang explained – Rear Admiral Yang Yi | China Daily 28 April 2010

Shinmen Takezo  | Republik Rakyat Tiongkok masih mempertimbangkan Amerika Serikat sebagai satu-satunya ancaman terbesar bagi keamanan Tiongkok. AS sebagai kekuatan militer terkuat di dunia , bisa mengancam Tiongkok dengan segala cara.

RRT pernah berperang dengan AS dalam Perang Korea . RRT saat itu mengirim kekuatan militer dengan jumlah besar untuk membela Korea Utara yang sedang menghadapi Korea Selatan yang di dukung PBB . Sementara PBB itu sendiri di boncengi AS. Karena konflik semenanjung Korea , AS sempat mempertimbangkan penggunaan senjata nuklir di wilayah Tiongkok. Perang Korea sendiri berakhir imbang (stalemate) tetapi harus di bayar mahal dengan begitu banyaknya prajurit Tiongkok (PLA) yang gugur dalam perang tersebut. Putra Mao Ze Dong juga gugur dalam perang tersebut.

Dalam sejarah Perang Dingin , AS melakukan kebijakan China Containment , mengurung Tiongkok secara politik dari semenanjung Korea , Jepang yang di duduki AS setelah kalah perang , Taiwan , Vietnam yang gagal di amankan AS. Kebijakan ini jelas mengurung Tiongkok dari segala arah , terutama area Pasifik.Sejarah persaingan AS-RRT sudah berlangsung panjang , dan akan mewarnai tatanan dunia baru setelah kejatuhan USSR.  AS juga pernah membiayai dan melatih guerilla Tibet dan mendukung Taiwan. Dalam segala dimensi , AS memang ancaman nomer satu bagi Tiongkok.Sementara ancaman lainnya datang dari India , Jepang dan Russia.

Jepang memiliki sejarah permusuhan yang panjang dengan Tiongkok. Dinasti Ming menganggap bangsa Jepang tak lebih dari “wako” (bajak laut). Dinasti Ming juga membela Korea dari serangan Hideyoshi , penguasa pra Tokugawa. Pada masa Dinasti Qing , Jepang mengalami kebangkitan militer dan mulai mencaploki satu persatu wilayah Tiongkok . Taiwan sendiri jatuh ketangan Jepang dalam Perjanjian Shimonoseki. Jepang juga terlibat sebagai delapan kekuatan utama kekuatan dunia yang menghukum Tiongkok dalam Insiden Boxer. Jepang mulai menginvasi Tiongkok sebelum Perang Dunia meletus. Tapi setelah kalah perang dalam Perang Dunia II , kekuatan militer Jepang dikebiri oleh AS sehingga di masa modern ini. Jepang praktis bukan ancaman bagi Tiongkok.

Dua negara dengan penduduk terbanyak , India dan RRT pernah terlibat dalam perang perbatasan yang di menangkan Tiongkok.  Tiongkok juga mendukung Pakistan dalam rivalitas mereka dengan India. Tetapi secara politis , India lebih cemas terhadap RRT daripada sebaliknya.

Russia adalah ancaman yang paling mungkin , karena mereka memiliki warisan militer bekas Uni Soviet yang memadai. Sejarah konflik  Sino-Russo sudah ada pada masa Dinasti Qing dan Tsar Russia. Di masa Soviet , hubungan Sino-Russo timbul tenggelam sebagai kawan dan lawan. Soviet bahu membahu dengan Tiongkok dalam krisis semenanjung Korea dan juga Vietnam . Tapi ketegangan terjadi saat Soviet membela Vietnam dalam perang RRT-Vietnam , dan RRT mengadakan percobaaan nuklir di Lop Nur , Xin Jiang , yang dinilai mengancam Uni Soviet pada masa itu.  Perang perbatasan terjadi dalam skala kecil , tapi mengindikasikan bahwa konflik kedua negara bisa terjadi di masa depan. Tetapi untuk saat ini, Russia sendiri tidak memiliki motivasi untuk menyerang Tiongkok.

Tiongkok bisa menggunakan keajaiban ekonominya untuk membangun kekuatan militer mereka. Hal yang sama pernah terjadi saat Hitler melakukan keajaiban ekonomi dengan mengangkat Jerman dari kehancuran sambil melakukan pembangunan militer.

Seorang analis Rusia , Igor Panarin juga meramalkan bahwa Russia bersama Tiongkok akan mengambil alih kepemimpinan dunia.

Shinmen Takezo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s