Jepang memutuskan untuk tidak memasang bendera Nasional Hinomaru dalam Shanghai Expo 2010

Shinmen Takezo  | Sekitar 3.000 orang menunggu dalam antrian untuk pembukaan Paviliun Jepang, yang memiliki sistem energi yang ramah lingkungan untuk penerangan dan pendingin udara dalam kubah yang berwarna ungu. Osaka, yang menjadi tuan rumah World Expo pertama di Asia pada tahun 1970, memiliki paviliun sendiri , Osaka Paviliun,  karena Shanghai adalah kota kembar dari Osaka. Dua puluh dua perusahaan Jepang termasuk, Otsuka Pharmaceutical Co , Kintetsu Group dan Daikin Industries, berpartisipasi dalam Paviliun Industri Jepang

Image hosting by IMGBoot.com

Paviliun Jepang - Shanghai Expo 2010

Dalam Shanghai Expo yang digelar tahun ini , Jepang memutuskan untuk tidak memasang bendera nasional mereka , Hinomaru. Hal ini berkaitan dengan sentimen anti-Jepang di Tiongkok.

“Ada pameran terakhir sudah di mana kita juga tidak memasang bendera nasional,” staf di Paviliun Jepang mengatakan. Anggota staf lain, di Japan Industrial Pavilion, mengatakan, “Kami sudah hati-hati untuk memastikan pameran kami tidak terikat dengan isu-isu politik.”  Seperti yang diberitakan Yomiuri Shimbun.

Di Tiongkok, bendera Hinomaru sering dianggap sebagai simbol militerisme masa lalu Jepang. Apalagi televisi Tiongkok sering menyiarkan secara rutin acara dokumenter Perang Sino-Jepang di Perang Dunia II.Jepang di masa lampau memiliki sejarah kelam di masa Perang Dunia II. Dimana Tiongkok dan Korea adalah dua negara yang dinilai memiliki dendam masa lampau. Korea diduduki sejak awal abad 20 dan Tiongkok di serbu Jepang setelah menguasai Manchuria. Dalam masa pendudukan Jepang , terjadi berbagai aksi kejahatan perang seperti Insiden Nanking yang berujung pada pemerkosaan dan pembantaian massal.

Budaya-Tionghoa.Net  |

Sumber : Yomiuri Shimbun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s