Menggunakan Laptop Untuk Deteksi Gempa

Bentara.Asia | Dengan mengunduh program gratis yang dibuat oleh Universitas Stanford , pengguna laptop atau notebook dapat membantu para peneliti menunjukkan gempa bumi dan bahkan memberi peringatan dini untuk daerah sekitarnya. Model terbaru laptop yang di produksi Apple dan Lenovo mengandung sensor gerak untuk mendeteksi laptop saat terjatuh. Jika laptop jatuh , maka harddisk akan di matikan secara otomatis untuk melindungi data pengguna.

Idenya adalah menggunakan sensor dalam laptop ini dan menggunakan dalam jaringan luas sehingga dapat memetakan pergerakan seismik seluruh dunia.
Universitas Stanford membuat program bernama “Quake Catcher” akan memanfaatkan sensor pada laptop atau sensor terpisah dalam bentuk USB. Software ini ditujukan kepada individu yang peduli terhadap dampak fenomena alam dan juga untuk tujuan studi pada sekolah dengan bidang ilmu terkait. Laptop accelerometers tidak sensitif seperti seismometer kelas profesional dan  hanya dapat merespond pada skala  4.0 keatas .

Sampai sekarang, para ilmuwan telah terhambat oleh kurangnya sensor yang cukup di seluruh dunia untuk memonitor dan merekam data gempa. Dengan aplikasi ini diharapan dapat membantu membangun jaringan sensor gempa ribuan laptop .Dengan semakin banyak data yang terkumpul , maka perilaku gempa dan gejalanya dapat lebih mudah di pahami dan di pelajari sejak dini.

Bentara.Asia |

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s