Presiden Polandia dan Katyn Massacre 1940

Bentara.Asia | Presiden Polandia Lech Kaczynski dan beberapa pemimpin negara tertinggi militer dan sipil tewas ketika pesawat kepresidenan jatuh di kawasan Russia Barat , pada hari ini , 10 April 2010. Menurut berita yang di kutip dari China Daily, tidak ada yang selamat dari kecelakaan tragis yang menimpa pesawat Tupolev bekas Soviet. Pejabat Rusia dan Polandia mengatakan, tidak ada yang selamat pada Tupolev Soviet-era, yang mengambil presiden, istrinya dan staf untuk kegiatan menandai peringatan 70 tahun pembantaian ribuan petugas Polandia oleh polisi rahasia Soviet. Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal Franciszek Gagor, Presiden Bank Nasional Slawomir Skrzypek dan Deputi Menteri Luar Negeri Andrzej Kremer juga ikut dalam rombongan kepresidenan, kata kementerian luar negeri Polandia.

Gubernur wilayah Smolensk, di mana kecelakaan terjadi sekitar 11 am (0700 GMT), juga mengatakan tidak ada yang selamat. Rossiya-24 memperlihatkan gambar dari lokasi kecelakaan, dengan potongan-potongan pesawat yang tersebar luas di tengah pohon-pohon berdaun dan api kecil terbakar di hutan terselubung dengan kabut. Sirip ekor dengan warna merah dan putih Polandia terjebak dari puing-puing. Tu-154 paling tidak berusia 20 tahun. Dan telah lama dibahas untuk mengganti pesawat kepresidenan dengan yang lebih layak tetapi tidak ada dana untuk itu. Di Warsawa, Perdana Menteri Donald Tusk mengadakan rapat kabinet luar biasa dan bendera nasional diturunkan menjadi setengah tiang di istana kepresidenan, di mana orang berkumpul untuk meletakkan karangan bunga dan menyalakan lilin. Pita hitam muncul di beberapa jendela di ibukota Polandia.

Rombongan kepresidenan semula ingin memperingati Katyn Massacre , dimana 22 ribu perwira Polandia di eksekusi. Vladimir Putin juga menunjukkan itikad baik untuk menghadiri peringatan tersebut. Polandia, negara dengan penduduk  38 juta dan merupakan negara terbesar dari 10 negara-negara komunis yang sebelumnya telah bergabung dengan Uni Eropa dalam beberapa tahun terakhir. Kondisi cuaca buruk menjadi penyebab kecelakaan tersebut terjadi. Sempat tercetus rencana pendaratan dari Smolenks ke Minsk. Tapi akhirnya tetap menuju Smolensk yang berujung pada tragedi tersebut. Rombongan kepresidenan semula ingin memperingati Katyn Massacre , dimana 22 ribu perwira Polandia di eksekusi. Vladimir Putin juga menunjukkan itikad baik untuk menghadiri peringatan tersebut.

Katyn Massacre.

Katyn Massacre adalah peristiwa di mana paling sedikit 22 ribu perwira Polandia di eksekusi pada tanggal 3 April 1940.  Korban pembantaian ini termasuk seorang admiral , dua jendral , 24 kolonel, 79 letnan kolonel , 250 mayor , 650 kapten, 17 kapten navy , 7 pemuka agama , tiga tuan tanah , seorang pangeran, 43 pejabat , 85 prajurit dan 131 pengungsi , 20 profesor, 300 musisi , ratusan pengacara, insinyur dan guru, 100 orang lebih penulis dan sastrawan, 200 pilot . Polisi rahasia Soviet , NKVD hampir menghabisi setengah dari jumlah perwira di seluruh Polandia. Sementara itu Jerman NAZI juga menghabisi begitu banyak Yahudi Polandia . Korban Yahudi terbanyak berasal dari Polandia.

Peristiwa ini di dahului oleh serangan Jerman yang mengawali Perang Dunia II di tahun 1939. Melalui perjanjian Molotov-Ribbentrop , Uni Soviet dan Jerman NAZI sepakat untuk tidak saling menyerang (non agression pact). Kedua negara adidaya ini malah menyerang Polandia dari dua arah . Jerman dari Barat dan Soviet dari Timur. Melalui manuver blietzkrieg , perlawanan Polandia jatuh dengan cepat.  Sehabis jatuhnya Polandia dan Perang Dunia II di mulai , Soviet meneruskan kampanye ke daerah Finlandia dan Baltik. Dan Finlandia melakukan perlawanan hebat terhadap Tentara Merah dalam Russo-Finnish War. Sementara Jerman melakukan serangan ke Jerman dan Belanda-Belgia.

Bentara.Asia | China Daily | Wikipedia |Bentara Sejarah |

One thought on “Presiden Polandia dan Katyn Massacre 1940

  1. Indonesia sempet memikirkan juga rencana pesawat RI-1 seperti Air Force One nya Amerika , tapi jadi polemik juga ……

    Pikir2 , untuk pemimpin terttinggi negara ini , berhak untuk mendapat fasilitas keamanan kelas satu …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s