Large Hadron Collider – CERN Swiss | Kemungkinan Penyebab Kiamat

Bentara.Asia | Large Hadron Collider adalah sebuah mesin terbesar untuk akselerator partikel. Istilah Hadron merujuk pada komposisi partikel dari quark. Dan di harapkan dapat menjelaskan pertanyaan paling fundamental dalam fisika. LHC terbentang dalam tunnel bawah tanan sepanjang 27 km dan terletak di wilayah perbatasan Prancis dan Swiss di dekat Jenewa , Swiss.LHC di bangun oleh Organisasi Riset Nuklir Eropa (CERN) dengan fokus pengujian fisika energi tinggi termasuk eksistensi dari hipotesa Higgs Bosson.Tujuan lainnya adalah untuk mensimulasikan awal penciptaan dunia (big bang) , ledakan raksasa yang di percaya memicu terbentuknya alam semesta dengan ruang dan waktu yang menyertainya. LHC didirikan dengan budget 9 milyar USD dan merupakan proyek ilmu pengetahuan paling mahal dalam sejarah dunia. Konstruksi dimulai tahun 1995

Ahli Fisika berharap bahwa LHC akan menjawab beberapa pertanyaan fundamental di dunia fisika , interaksi antara gaya diantara partikel dasar , struktur ruang dan waktu , mekanika kuantum , relativitas , string theory , asal usul alam semesta , anti materi.

Design

LHC terdiri dari tunnel lingkaran, terletak  bawah tanah dengan kedalaman 50-170 meter, sepanjang 27km. Tunnel terdiri ddari pipa paralel yang bertemu di empat titik, setiap pipa terdiri dari pengarah proton dengan arah berlawanan dan geraka proton agar tetap berada di lintasan di bimbing oleh 1232 magnet dipolar dan 392 magnet kuadruple agar tetap fokus dan memperbesar peluang tumbukan. Total 1600 magnet superkonduktor terpasang dengan berat 27 ton . Helium cair sebanyak 92 ton agar magnet berkerja dalam temperatur 1.9 Kelvin (-271 Celcius) membuat LHC juga sebagai fasilitas kriogenik terbesar di dunia.

Setiap hari atau dua hari sekali , proton dipercepat dari 450GeV sampai 7TeV memberi total energi tabrakan sebesar 14 Tev dan kecepatannya mendekati kecepatan cahaya (99.99999991%). Dibutuhkan waktu 90 mikrodetik untuk sebuah proton untuk bergerak mengelilingi ring utama dengan kecepatan sentrifugal 11000 revolusi perdetik.

Kontroversial

Proyek ini juga menuai kontroversi karena dapat menyebabkan kiamat dunia. Eksperimen LHC memiliki potensi untuk menciptakan mikro black holes dan dapat tumbuh membesar dan mengeluarkan radiasi yang berbahaya . Juga beresiko tinggi menghasilkan fenomena “kiamat dunia” lain seperti strangelets , magnet monopolar dan gelembung vakum.Strangelets adalah fenomena dari teori fisika yang akan mengubah materi umum seperti Bumi dan isinya menjadi materi asing (strange) dan akhirnya seluruh atom di bumi akan dikonversi menjadi “strange matter”. Mikro Black Holes menurut perhitungan Stephen Hawking akan segera musnah dalam hitungan waktu , tapi teori Hawking ini belum teruji . Menurut ahli lain , bisa ada kemungkinan terburuk bahwa mikro blackholes akan menyerap bumi dan segala isinya.Namun laporan, yang diterbitkan Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir, mengatakan ada “ada bahaya yang mungkin”. Kebanyakan fisikawan percaya bahwa risiko bencana terletak di ranah science fiction.

Ahli Cern mengatakan bahwa selama miliaran tahun terakhir ini, telah terjadi tabrakan sebanyak sekitar satu juta peristiwa di alam semesta yang seperti di lakukan LHC – dan planet ini masih ada.” “Tidak ada dasar untuk keprihatinan apapun tentang konsekuensi dari partikel baru atau bentuk materi yang mungkin bisa diproduksi oleh LHC.”

Bentara.Asia | Dari Berbagai Sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s