Perang Militer Yang Terjadi Karena Pertandingan Sepakbola

Image hosting by IMGBoot.com

Peta El Salvador dan Honduras

The Football War

Bentara.Asia – Perang antara kedua negara Honduras melawan El Salvador ini di picu oleh pertandingan kualifikasi Piala Dunia Meksiko 1970 . Jadi terkenal dengan sebutan The Football War atau The Soccer War atau Perang 100 Jam atau Perang 4 Hari. Walau demikian , pemicu terjadi perang militer kedua negara telah ada sebelum pertandingan sepakbola ini.

Pada tahun 1968 rejim López Arellano tampaknya berada dalam masalah perekonomian yang serius , masalah pemogokan massal dan masalah perburuhan berujung pada kerusuhan. Ketika situasi politik memburuk, Pemerintah Honduras mulai mengkambinghitamkan kegagalan ekonomi Honduras atas 30000 imigran Salvador yang ada di Honduras.  Fenagh mulai mengasosiasikan imigran El Salvador dengan invasi tanah ilegal. Pada bulan Januari 1969, pemerintah Honduras menolak untuk memperbaharui Perjanjian Bilateral Keimigrasian dengan El Salvador.  Bahkan imigran Salvador terancam di usir dari Honduras.  Pada akhir Mei, Salvador mulai mengalir keluar dari Honduras dan menyebabkan over populasi di El Salvador.

Ketegangan terus meningkat pada bulan Juni 1969. Tim sepak bola kedua negara terlibat pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA 1970 Mexico.   Gangguan pecah selama pertandingan pertama di Tegucigalpa (Ibukota Honduras), tapi situasi sudah jauh lebih buruk selama pertandingan kedua di San Salvador (Ibukota El Salvador). Penggemar Honduras di kasari , bendera dan lagu kebangsaan Honduras juga di hina. Sementara itu aksi kekerasan terhadap warga El Salvador di Honduras, termasuk konsulat menjadi semakin keras. Beberapa kasus warga El Salvador terbunuh secara brutal, dan puluhan ribu mulai melarikan diri Honduras. Pers dari kedua negara turut memanasi situasi hubungan kedua negara.  27 Juni 1969, Honduras putus hubungan diplomatik dengan El Salvador.

Pagi pada pagi hari 14 Juli 1969, aksi militer terpadu dimulai pada apa yang kemudian dikenal sebagai Perang Soccer atau The Football War (La guerra del Fútbol, dalam bahasa Spanyol) atau “Perang 100 Jam “, atau Perang Empat Hari”.  Angkatan udara El Salvador menyerang sasaran di Honduras dan El Salvador melancarkan serangan besar di sepanjang jalan utama yang menghubungkan dua negara itu dan melawan Honduras di Golfo de Fonseca (Teluk Fonseca). Pada awalnya, Salvador membuat kemajuan cukup cepat. Pada malam 15 Juli, tentara El Salvador, yang jauh lebih besar  membuat  Honduras mundur delapan kilometer dan El Salvador berhasil menangkap ibukota wilayah  Nueva Ocotepeque. Setelah itu serangan mulai buntu, dan El Salvador mulai mengalami kelangkaan bahan bakar dan amunisi. Karena Angkatan Udara Honduras yang lebih dominan  telah menyerang fasilitas cadangan minyak Salvador.

Sehari setelah pertempuran telah dimulai, OAS mendesak dan menyerukan gencatan senjata segera dan penarikan pasukan El Salvador dari Honduras. El Salvador menolak tekanan dari OAS selama beberapa hari, menuntut agar Honduras setuju untuk membayar reparasi untuk  serangan terhadap warga negara El Salvador dan menjamin keamanan orang-orang Salvador yang tersisa di Honduras. Perang yang sebenarnya telah berlangsung lebih dari empat hari, tetapi itu akan mengambil lebih dari satu dekade untuk mencapai penyelesaian damai akhir.

Perang hanya menghasilkan kerugian bagi kedua belah pihak. Antara 60.000 dan 130.000 Salvador telah secara paksa diusir atau melarikan diri dari Honduras, menghasilkan gangguan ekonomi yang serius di beberapa daerah.  Perdagangan antara kedua negara telah benar-benar terganggu, merusak ekonomi kedua negara dan mengancam masa depan Pasar Bersama Amerika Tengah (CACM). Sampai dengan 2.000 orang, mayoritas Honduras warga sipil, telah tewas, dan ribuan Honduras lain di kawasan perbatasan telah kehilangan tempat tinggal. Layanan penerbangan antara kedua negara juga terganggu selama lebih dari satu dekade.

Bentara.Asia| ST

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s