[Hoax] Yoshiki Hayashi (X-Japan) Vs Hanamichi Sakuragi (Slamdunk)

Bentara.Asia. SlamDunk スラムダンク (Suramu Danku) adalah salah satu komik terkenal dan paling menghibur . Telah terjual 120 juta kopi sampai tahun 2007. Bercerita tentang tim Basket SMA Shohoku yang terdiri dari anak-anak bermasalah. Juga sekolah mereka punya reputasi medioker dalam kompetisi basket antar pelajar. Tapi anak-anak bengal ini berhasil membuktikan bahwa mereka memiliki potensi hingga tingkat nasional.

Komik  ini penggemarnya sangat banyak terutama kalangan remaja dan pencintas bola basket.Maka tidak heran banyak sekali yang antusias saat hoax muncul dan menyebutkan bahwa Inoue mengambil inspirasi dari kisah nyata. Maka segera menyebar luas hoax ini.

Banyak sekali bertebaran hoax bahwa Hanamichi Sakuragi dalam Manga| Anime terkenal , SlamDunk,  adalah berasal dari karakter orang yang nyata. Kisah senada muncul di puluhan atau bahkan ratusan blog. Dengan tulisan yang hampir persis sama (copy paste) .
Image hosting by IMGBoot.com Image hosting by IMGBoot.com

Posting di banyak blog yang beredar  contohnya seperti dibawah ini.

Bagi Anda semua penggemar komik atau anime jepang mungkin sudah tidak asing lagi dengan karakter Hanamichi Sakuragi. Hanamichi Sakuragi lahir pada tahun 1968 dari keluarga sederhana. Ibunya meninggal saat dia masih anak2.
Tanpa kasih sayang dari sang ibu, dia menggunakan kekerasan (menjadi petarung jalanan) untuk menyelesaikan masalahnya. Untuk seorang remaja dia sangat tinggi (175cm) pada usia 12 tahun dan tubuhnya jadi terlatih karena sering berkelahi. Suatu hari, ia berkelahi dengan seorang siswa di sport zone, universitas tokyo. Kemampuannya berkelahi, kecepatannya dan kekuatan fisiknya menarik perhatian pelatih basket dan menawari hanamichi untuk bergabung dengan tim basketnya.
Pada suatu latih tanding, pada umur 17 tahun (189cm), melawan tim nasional jepang, hanamichi menunjukkan kemampuan yang sangat mengejutkan dengan mencetak 33 poin. Walaupun timnya kalah dengan hanya menvetak 59 poin (59-115), pertandingan tersebut telah menjadi pertandingan pertama yang menggembirakan bagi hanamichi. Hanamichi menjadi pusat perhatian dan mendapat sebutan sebagai “The Hope of The Japanese Basketball” alias harapan bagi dunia basket jepang.Beberapa tahun kemudian, ayahnya jatuh sakit. Hanamichi pulang kembali ke Tokyo. Setelah sampai di Tokyo ia langsung menuju rumah sakit tempat ayahnya dirawat. Namun ketika menyeberang jalan, ia tertabrak mobil yang melaju dengan kecepatan tinggi. Meski mempunyai tubuh sekeras besi, efeknya terlalu kuat. Hanamichi pingsan lalu dia segera dibawa ke rumah sakit namun ia telah meninggal sebelum sampai kamar operasi. Ia meninggal pada usia 18 tahun. Dunia basket jepang benar-benar hancur karena telah kehilangan bintang masa depannya. Penulis komik, Takehiko Inoue, menciptakan serial komik “Slam Dunk” berdasarkan kisah masa muda Hanamichi Sakuragi. Keren ya, ternyata ada versi asli dari karakter kartunnya ya?

Ternyata foto yang beredar itu bukan tokoh nyata Hanamichi Sakuragi , melainkan Foto masa muda Yoshiki Hayashi 林 佳樹, salah satu personil group band legendaris Jepang . X-Japan. Dan berita soal tokoh nyata Hanamichi Sakuragi ternyata cuman hoax belaka.

Bentara.Asia

7 thoughts on “[Hoax] Yoshiki Hayashi (X-Japan) Vs Hanamichi Sakuragi (Slamdunk)

  1. Berikan bukti nyata atau sumber pastinya yang menyatakan kalo hanamichi sakuragi itu hoax. Dengan foto saja anda tidak membuktikan apapun juga.

    Saat anda hidup dalam kekaburan dan pertentangan sebuah masalah itu hoax ato real.. selagi masalah itu memberikan hal positif dalam diri orang lain sebaiknya masalah itu dibiarkan menjadi real saja.

    Ada hal yang lebih penting dari sekedar benar ato salah.. yaitu inspirasi apa yang di dapatkan oleh orang lain dari hal tersebut.

  2. tjhx for comment ,
    hanamichi sakuragi adalah tokoh manga “Slam Dunk” , ini bukan masalah hoax apa bukan .
    Saya sendiri pecinta slamdunk , koleksi DVD nya dan komiknya juga. Tanpa ada “real hanamichi sakuragi pun” , komik slamdunk membawa hal positif bagi orang lain. Mudah2an anda sudah membaca komik itu sampe tuntas. Jadi SlamDunk tetap komik favorit saya , tanpa atau dengan “real” or “hoax” sakuragi . Membawa pesan terhadap generasi muda , tentang semangat pantang menyerah.

    Tapi foto itu yang terpampang sebagai hanamichi sakuragi “real” adalah foto yoshiki hayashi ,
    http://forum.gamevn.com/showthread.php?t=644793
    band legendaris di Jepang.

    Anda juga harus membantu kewaspadaan masyarakat dalam membaca dan kroscek berita.
    Jika sakuragi real itu benar ada , saya malah lebih senang lagi , sebaliknya anda coba saja buktikan real sakuragi itu ada . Kalau ada , saya revisi posting saya ini
    Dengan reputasi SlamDunk yang sudah mendunia , rasanya aneh klo ada real sakuragi , tidak di muat harian2 terkemuka di Jepang , itu pasti jadi berita heboh di Jepang , tapi ini saya lihat malah banyak muncul dalam blog indonesia.

    Tapi moral komen anda itu saya setuju sepenuhnya , penekanan pada kata “inspire” , tapi saya tidak mendukung hoax

  3. yups… itu adalah berita HOAX

    atau lebih tepatnya – fotonya yang HOAX

    sedangkan untuk artikel itu sendiri belum dapat diketahui kebenarannya… artikel ini sudah lama melanglang buana diinternet tapi tidak pernah menyebutkan dengan jelas sumber asli dari artikel tersebut

    sampai saat inipun, sepertinya inoue takehiko (mangaka Slamdunk) tidak pernah mengatakan okoh Hanamichi Sakuragi itu terinspirasi oleh siapa di setiap wanwancaranya

    jika anda membutukan suatu bukti… saya sarankan untuk membeli buku2 biografi tentang Yoshiki Hayashi, disitu banyak terdapat foto2 beliau semasa muda… – http://shop.fanscope.com/indivisual-jp/products/detail.php?product_id=211

    dikalangan fans2 X Japan sendiri tersebarnya foto Yoshiki Hayashi semasa muda yg dikatakan sebagai the real Hanamichi Sakuragi sebenarnya terasa cukup menyebalkan… seenaknya artikel tersebut mengatakan jika beliau meninggal dengan tragis, padahal beliau masih segar bugar sampai sekarang.

  4. @riz nesia :
    komen yang bermutu sekali , makasih banget loh

    liat link anda mengarah ke X Japan ,
    X Japan itu band favorite saya juga waktu awal 2000an saat mulai kenal internet dan mengunduh hampir semua lagunya .beberapa sudah hilang

    lagu2nya misalkan forever love , say anything , unfinished , tears , longing dan enless rain

    ada versi gitar akustik instrumentalnya , entah siapa yang mainkan

  5. @Admin

    hahahaha… iya sama2… ^^

    yups…. kebetulan saya salah satu moderator di forum X JAPAN-ID ( http://xjapan-id.forumotion.com ) XDD… jadi yah… sedikit2 ngerti tentang X Japan ;-P

    entah kenapa artikel HOAX ini bisa beredar lagi sekarang??? padahal banyak yg sudah menyangkalnya… >.<

    oh ya, suka X Japan juga… hehehehehe,,,, sekali kali bikin artikel tentang X Japan dong, mereka kan come back to the stage lagi sekarang…. bahkan bulan kemarin baru selesai bikin 4 PV baru di Hollywood ^^

    @siapa saja yang masih percaya kalau foto tadi adalah Hanamichi Sakuragi di kehidupan nyata, silakan kalau ada waktu diskusi di forum kami… dengan senang hati kami akan menjelaskannya ^^

    *numpang promosi dikit ya Oom/Mbak nih? XP*

  6. saya setuju dengan pendapat penulis… dan saya ingin sedikit menyanggah pendapat w4nzz…Tanpa harus beredar berita hoax tentang real sakuragi pun semua pembaca slamdunk pasti terinspirasi oleh kegigihan hanamichi. Kebetulan saya fans X-Japan dan Slamdunk,,dan keduanya bersangkutan dalam artikel ini. Kalau bukti bahwa itu adalah hoax sudah jelas dapat dipastikan karena bagaimanapun foto orang asli tersebut adalah foto remaja Yoshiki,leader X-Japan,dan beliau masih berkarya hingga sekarang,bukannya meninggal di usia 18 tahun… Sebaliknya,anda yang harusnya mencari bukti bahwa artikel tersebut bukanlah hoax… Silahkan cari foto real sakuragi kalau memang ada, saya katakan foto aslinya,bukan foto Yoshiki-sama…

  7. Mungkin g ketinggalan..
    Tp g penggila slamdunk..
    G mw tnya di dvd cma sampe shohoku pergi naek kereta,tp di komik terakhirnya lanjut sampe lawan sanoh,ada g yg pny dvd lanjutannya yg sama kaya manga??
    Tensai basketonan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s