The Book Of Five Ring – Miyamoto Musashi (Thomas Cleary)

musashi

Bentara.Asia | Musashi mulai merintis pertarungan individual sejak usia 13 tahun. Dan berhasil mengalahkan musuhnya yang lebih dewasa. Menurut sumber roman versi Eiji Yoshikawa. Musashi bahkan terlibat dalam perang sekigahara yang menentukan sejarah Jepang ke depannya. Musashi berada pada pihak yang kalah dan sempat menjadi buronan shogunate baru yang didirikan oleh Tokugawa Ieyasu.

Perjalanan panjang seni perang individual Musashi dipengaruhi oleh seni perang dari Tiongkok, dan juga penasehat spiritualnya Takuan Soho. Pada dasarnya Musashi tidak pernah memiliki guru pedang, tetapi dia belajar dari alam , dari perenungan dan tidak terikat pada suatu gaya teksbook seperti umumnya aliran perguruan pedang pada masa itu.

Musashi perlahan-lahan tapi pasti terus melakukan pertarungan individual dengan berbagai aliran ternama. Bahkan untuk alirang pedang Yoshioka , Musashi berhasil “membinasakan” satu perguruan dengan seorang diri. Pertempuran legendaris sekaligus yang terakhir adalah melawan Sasaki Kojiro. Setelah itu dia mengundurkan diri dan mulai menulis buku yang sekarang saya baca ini. The Book Of Five Ring (Go Rin No Shu) yang diterjemahkan dengan apik oleh Thomas Cleary.

Buku Musashi ini menjadi penting bagi semangat dasar bangsa Jepang untuk ke depannya. Boleh dibilang “art of war”-nya Jepang. Buku ini mengungkap filosofi seni perang. Walau Musashi sendiri adalah petarung individual, tapi baginya tidak ada bedanya seni perang individual dan seni perang dalam konteks negara.

The Book Of Five Ring adalah salah satu karya besarnya , yang di kemudian hari menjadi salah satu buku terpenting yang pernah di hasilkan Jepang. Bersama buku The Living Giving Sword – Yagyu Munenori dan The Unfettered Mind – Takuan Soho.

Dalam buku ini juga ada kitab tradisi keluarga Yagyu yang sejaman dengan Musashi. Mengungkap banyak sudut pandang Zen dan seni perang. Yang paling menarik dari teks Yagyu adalah pedang adalah instrument pemberi kehidupan walau banyak kematian yang di akibatkannya.

Bentara Buku

3 thoughts on “The Book Of Five Ring – Miyamoto Musashi (Thomas Cleary)

  1. Pingback: Kesuksesan Jepang | My Blog

  2. Pingback: Taiko – Eiji Yoshikawa (Hardcover) | My Blog

  3. Pingback: Musashi Miyamoto | Ronin Yang Tidak Terkalahkan | Bentara | Asia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s