Taiko – Eiji Yoshikawa (Hardcover)

Novel Eiji Yoshikawa adalah novel yang mengungkap salah satu masa terpenting dalam sejarah Jepang. Berfokus pada tokoh Hideyoshi. Salah satu pendukung Oda Nobunaga yang paling penting.

Di akhir masa Ashikaga Shogunate, Jepang sekali lagi di landa civil war yang berkepanjangan. Klan-klan yang berpengaruh seperti Klan Takeda dari Kai , Imagawa dari Suruga, Uesugi dari Echigo dan Hojo dari Kanto berebut kekuasaan dengan dalih mempersatukan Jepang. Sementara Oda Nobunaga dari Owari bangkit dari provinsi yang kecil dengan kegeniusan militernya dan perlahan-lahan mempersatukan Jepang bersama Tokugawa Ieyasu dari Mikawa.

Kepada Oda Nobunaga lah Hideyoshi mengabdi dari pangkat yang paling rendah yaitu sebagai pemungut sandal Nobunaga. Melalui bakat , ketulusan dalam mengabdi , kepemimpinan dan kehebatan Hideyoshi dalam menghadapi konflik dimana lawan akhirnya di rubah menjadi kawan. Hideyoshi merangkak naik dari pemungut sandal hingga menjadi Taiko , pemimpin tertinggi di Jepang.Kisah perjalanan karir anak dari kaum petani miskin ini hingga mencapai gelar Taiko sangat mengharukan , sekaligus heroik. Hideyoshi menjadi inspirasi bagi setiap orang Jepang, bahwa tidak ada yang tidak mungkin dicapai melalui kerja keras.

Jepang melalui trio Nobunaga , Hideyoshi dan Tokugawa memasuki masa modern dan perdamaian yang berkepanjangan. Sehingga peran ketiga tokoh ini sangat penting bagi sejarah dan kesuksesan Jepang hingga 250 tahun ke depan. Kampanye Oda Nobunaga di mulai dengan menghantam kekuatan klan Imagawa dalam perang Okehazama, di lanjutkan dengan mengalahkan klan Saito di Jepang Tengah , dan di lanjutkan dengan kampanye militer terhadap klan Asakura dan klan Asai dalam perang Anegawa . Lalu kampanye militer terhadap biksu militan di bukit Hiei , dan kisah cemerlang Oda Nobunaga terus berlanjut dengan mengalahkan salah satu klan yang legendaris, yaitu Takeda Shingen dari Kai.

Nasib Nobunaga berakhir tragis melalui penghianatan Akechi Mitsuhide. Disinilah peran Hideyoshi mengemuka dan membuka jalan bagi Hideyoshi untuk meneruskan cita-cita majikannya , Oda , untuk mempersatukan Jepang.

Novel ini juga menuturkan detail sejarah secara lengkap tentang situasi Jepang masa itu , mulai dari datangnya Jesuit di Jepang , konflik Nobunaga dengan biksu-biksu militan , konflik-konflik Hideyoshi dan Tokugawa dengan kaum Nasrani di Jepang. Kode etik peperangan di Jepang yang kompleks. Gambaran kelas sosial di masyarakat pada masa itu. Dan Eiji Yoshikawa berhasil membangun novel sejarah yang kompleks dengan banyak tokoh.

Eiji Yoshikawa menulis novel lain yang sama pentingnya dengan Taiko , berjudul Musashi.

5 thoughts on “Taiko – Eiji Yoshikawa (Hardcover)

  1. Pingback: | My Blog

  2. Pingback: The Book Of Five Ring – Miyamoto Musashi (Thomas Cleary) | My Blog

  3. Pingback: Kesuksesan Jepang | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s