Resensi Film : Mountain Patrol – Kekexili

10m.jpgBerdasarkan kisah nyata dari sukarerawan Tibet yang mempersenjatai diri , dengan biaya sendiri dan seadanya mereka bertempur dengan sekelompok pemburu illegal antelope Tibet yang mulai terancam punah. Kiprah para sukarelawan ini tercatat oleh seorang jurnalis dari Beijing yang mengikuti keseharian mereka dan bergabung dalam rombongan mereka sebagai jurnalis. Dapat disaksikan juga sikap kaum wanita setempat terhadap perjuangan kaum lelaki mereka , melepas kepergian mereka kedalam perjuangan membela lingkungan…….

Berlatarbelakang pegunungan Tibet yang indah berhiaskan salju , temuan-temuan bangkai2 antelope sepanjang perjalanan sungguh mengenaskan. Ditambah wajah ramah dan ganas dari pegunungan Tibet yang muncul silih berganti membawa kesukaran tersendiri bagi perjuangan mereka. Dan bagaimana akhir perjuangan mereka?
Karakter2 dalam film ini diperankan sebagian besar oleh artis Tibet sendiri, karena itu film ini menawarkan keunikan , yang berbeda dari film-film Mandarin yang biasa kita lihat. Saya begitu takjub bagaimana di tengah kemiskinan, keterbatasan dana dan dukungan dari pemerintah, semangat mereka bisa menggelora, yang rela untuk mempertaruhkan nyawa bukan untuk kemerdekaan mereka , bukan untuk kebebasan mereka , melainkan untuk mempertahankan apa yang mereka warisi secara turun temurun , termasuk kekayaan alam berupa satwa2 khas Tibet ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s