Sang Chauvinist

Sungguh kasihan nasib seorang chauvinist.

Disatu sisi dia meninggikan rasnya , tanpa sadar dia secara tidak langsung merendahkan rasnya.
Dia tidak memahami prinsip dari dua pedang , dan dia juga tidak memahami prinsip dari standar deviasi.
Seakan dia menggiring rasnya ke langit ke tujuh, seakan dia sudah berbuat sesuatu bagi rasnya , seakan litani dan kidung pujian pada sang bunda sudah cukup menyelesaikan segalanya.

Sama seperti nasib primata agung yang bernama manusia. Begitu agung saat mencapai pencerahan spiritual yang memberi batas tegas antara naluri binatang dan manusia , dan begitu rendah saat manusia berlaku lebih rendah daripada binatang. Tak jarang manusia membunuh anaknya sendiri , atau bapaknya sendiri. Sesuatu hal yang tidak dilakukan bahkan oleh binatang liar seperti dubuk bahkan harimau.

Tatkala seorang chauvinist menyanyikan lagu pujian , litany akan kebesaran rasnya. Harus ada kambing yang harus disembelih untuk merayakannya , dan untuk membuktikannya, katakanlah orang seperti Hitler mendirikan altar , dan menyiapkan korban bakaran dimana-mana, manusia2 yang konon inferior, yang pantas untuk dijagal, yang pantas untuk diteliti dan dijadikan eksperimen . Dan sejak itu hingga kesudahannya , setiap hari adalah hari raya, festival kematian , sekaligus ibadah…layaknya ritual satanic……..

Begitulah ketololan seorang chauvinist. Tatkala menunjuk rasnya , bangsanya adalah yang terhebat , dia harus setuju kalau rasnya mampu melahirkan pemimpin2 hebat , pahlawan2 hebat , ilmuwan2 hebat . Yang sering terlupakan , bahwa dia juga harus setuju kalau rasnya bisa juga melahirkan bandit2 terhebat , koruptor2 hebat , penjahat2 terhebat ………….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s