[Hoax] Wong Fei Hung Seorang Muslim Adalah Hoax

Photo : Album Museum Wong Fei Hung di Foshan , Guangdong
by Ardian Cangianto (courtesy web.budaya-tionghoa.net)

Updated

Sebenarnya ini tulisan lama versi blog parahyangan.wordpress yang mengkritisi hoax mengenai Wong Fei Hung adalah Muslim yang benar-benar merupakan hoax yang sangat kentara sehingga bagi masyarakat yang mengenal sekilas sejarah Tionghoa dan budayanya langsung tersadar bahwa itu adalah hoax mudah (mudah di-identifikasi). Herannya dari beberapa komentar yang muncul masih ada yang membela hoax itu dan malah balik menuduh penulis melakukan pembodohan. Padahal siapapun yang membuat hoax itu lah yang memanfaatkan sentimen / fanatik terhadap agama menjadi lahan subur bagi penyebaran hoax.

Untuk itu saya menuliskan ulang mengenai hoax ini yang merupakan perkembangan dari tulisan lama di parahyangan wordpress. Seperti ibarat membunuh nyamuk dengan senapan mesin , rasanya agak keterlaluan kalau hoax sesederhana ini masih banyak juga yang tidak waspada.

Belakangan ini muncul berita yang menyebutkan Wong Fei Hung sebagai ulama yang kemudian tersebar ke berbagai blog. Informasi yang tidak bisa di pertanggungjawabkan ini seperti melakukan proses pembodohan masyarakat. (dalam tulisan berwarna untuk memudahkan membacanya) seperti dibawah ini :

Wong Fei Hung adalah seorang Ulama, Ahli Pengobatan, dan Ahli Beladiri legendaris yang namanya ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional China oleh pemerintah China. Namun Pemerintah China sering berupaya mengaburkan jatidiri Wong Fei Hung sebagai seorang muslim demi menjaga supremasi kekuasaan Komunis di China.Secara rahasia, keluarga Wong terlibat aktif dalam gerakan bawah tanah melawan pemerintahan Dinasti Ch’in yang korup dan penindas. Dinasti Ch’in ialah Dinasti yang merubuhkan kekuasaan Dinasti Yuan yang memerintah sebelumnya. Dinasti Yuan ini dikenal sebagai satu-satunya Dinasti Kaisar Cina yang anggota keluarganya banyak yang memeluk agama Islam.Wong Fei-Hung mulai mengasah bakat beladirinya sejak berguru kepada Luk Ah-Choi yang juga pernah menjadi guru ayahnya. Luk Ah-Choi inilah yang kemudian mengajarinya dasar-dasar jurus Hung Gar yang membuat Fei Hung sukses melahirkan Jurus Tendangan Tanpa Bayangan yang legendaris. Dasar-dasar jurus Hung Gar ditemukan, dikembangkan dan merupakan andalan dari Hung Hei-Kwun, kakak seperguruan Luk Ah-Choi. Hung Hei-Kwun adalah seorang pendekar Shaolin yang lolos dari peristiwa pembakaran dan pembantaian oleh pemerintahan Dinasti Ch’in pada 1734.Hung Hei-Kwun ini adalah pemimpin pemberontakan bersejarah yang hampir mengalahkan dinasti penjajah Ch’in yang datang dari Manchuria (sekarang kita mengenalnya sebagai Korea). Jika saja pemerintah Ch’in tidak meminta bantuan pasukan-pasukan bersenjata bangsa asing (Rusia, Inggris, Jepang), pemberontakan pimpinan Hung Hei-Kwun itu niscaya akan berhasil mengusir pendudukan Dinasti Ch’in.Dalam kehidupan keluarga, Allah banyak mengujinya dengan berbagai cobaan. Seorang anaknya terbunuh dalam suatu insiden perkelahian dengan mafia Canton. Wong Fei-Hung tiga kali menikah karena istri-istrinya meninggal dalam usia pendek. Setelah istri ketiganya wafat, Wong Fei-Hung memutuskan untuk hidup sendiri sampai kemudian ia bertemu dengan Mok Gwai Lan, seorang perempuan muda yang kebetulan juga ahli beladiri. Mok Gwai Lan ini kemudian menjadi pasangan hidupnya hingga akhir hayat. Mok Gwai Lan turut mengajar beladiri pada kelas khusus perempuan di perguruan suaminya.Pada 1924 Wong Fei-Hung meninggal dalam usia 77 tahun. Masyarakat Cina, khususnya di Kwantung dan Canton mengenangnya sebagai pahlawan pembela kaum mustad’afin (tertindas) yang tidak pernah gentar membela kehormatan mereka. Siapapun dan berapapun jumlah orang yang menindas orang miskin, akan dilawannya dengan segenap kekuatan dan keberanian yang dimilikinya. Wong Fei-Hung wafat dengan meninggalkan nama harum yang membuatnya dikenal sebagai manusia yang hidup mulia, salah satu pilihan hidup yang diberikan Allah kepada seorang muslim selain mati Syahid. Semoga segala amal ibadahnya diterima di sisi Allah Swt dan semoga segala kebaikannya menjadi teladan bagi kita, generasi muslim yang hidup setelahnya.

Dalam mengkaji suatu versi sejarah ada baiknya mempertimbangkan kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi. Salah satu kesalahan saja sudah bisa meruntuhkan keseluruhan tulisan seperti kesalahan kronologis hingga kesalahan geografis

DAFTAR KESALAHAN 

Quote [1] : Dinasti Ch’in ialah Dinasti yang merubuhkan kekuasaan Dinasti Yuan yang memerintah sebelumnya.

1. Dinasti Ch’in itu sebenarnya penulisan untuk dinasti Qin (221-206 SM)
2. Wong Feihung
(1847-1924) itu hidup dimasa dinasti Qing (1644-1912) sampai era Republik
3. Jikapun yang dimaksud si penulis hoax adalah Dinasti Qing (1644-1912) jelas tidak mungkin Qing bisa mengalahkan dinasti Yuan (1279-1368). Ini adalah kesalahan kronologis yang sangat-sangat fatal.

Kronologis dinasti itu seperti pengetahuan umum . Sama seperti sejarah di Nusantara bahwa kerajaan Tarumanegara mendahului kerajaan Majapahit . Tetapi biar puas saya lampirkan tabel kronologis. Dimanapun urutan tiga dinasti terakhir adalah Dinasti Yuan – Dinasti Ming – Dinasti Qing. Ada Li Zicheng yang mendirikan dinasti Shun yang singkat (1644) yang bisa diabaikan dalam kronologis besar


Table 1 , Major Periods In Imperial China

Eastern Zhou (771-256 SM)
Warring States (403-221 SM )
Dinasti Qin (Ch’in) (221-206 SM)
Dinasti Han (Early Han (206SM-8M) Later Han (25-220M)
Periode Utara-Selatan ( 220-589)
Wei Utara (386-535)
Dinasti Sui (589-618)
Dinasti Tang (618-907)
Song Utara (960-1125)
Song Selatan (1127-1279)
Dinasti Yuan (1279-1368)
Dinasti Ming (1368-1644)
Dinasti Qing (1644-1912)

(Source : Fairbank , China : A New History , p24)


Table 2 , http://en.wikipedia.org/wiki/Dynasties_in_Chinese_history

(cut)

Yuan Dynasty Yuán “Great” or “Primacy” (list) Borjigin
(ᠪᠣᠷᠵᠢᠭᠢᠨ; 孛兒只斤 / 孛儿只斤)
1271–1368 97
Ming Dynasty Míng “Bright” (list) Zhū (朱) 1368–1644 or 1662 276
Qing Dynasty Qīng “Pure” or “Gold”
(Manchu homophone)
(list) Aisin Gioro
(ᠠᡳᠰᡳᠨ ᡤᡳᠣᡵᠣ; 愛新覺羅 / 爱新觉罗)
1636 or 1644–1911 268

Quote [2] :Dinasti Yuan ini dikenal sebagai satu-satunya Dinasti Kaisar Cina yang anggota keluarganya banyak yang memeluk agama Islam.

1. Dinasti Qing atau Ch’ing (1644-1912) adalah dinasti yang merubuhkan Dinasti Ming(1368-1644), bukan Dinasti Yuan(1271-1368) seperti yang tercantum dalam tulisan tersebut.

2. Dinasti Yuan adalah bagian dari Kekaisaran Mongol yang luas. Kekaisaran Mongol itu terdiri atau terpecah menjadi beberapa Khanate , contohnya Dinasti Yuan itu sendiri , Chagatai , Golden Horde . Kekuasaan Mongol meliputi Tiongkok , Russia , Asia Tengah , Timur Tengah dan India.

3. Yang memeluk agama Islam adalah Mongol yang berkuasa di Asia Tengah , Timur Tengah dan India. Bukan Mongol yang berkuasa di Tiongkok(Dinasti Yuan) , melainkan Chagatai atau Golden Horde yang banyak memeluk agama Islam. Agama yang dominan di dinasti Yuan adalah Shamanisme , Buddhisme dan juga Kristen Nestorian. Istri Ogudai juga beragama Kristen Nestorian.

(Untuk detail lihat bagian
“Christianity in The Mongol Empire , p107 , Encyclopedia of Mongolian and the Mongol Empire.
“Islam in The Mongol Empire , p252 , Encyclopedia of Mongolian and the Mongol Empire.

Quote [3] Hung Hei-Kwun ini adalah pemimpin pemberontakan bersejarah yang hampir mengalahkan dinasti penjajah Ch’in yang datang dari Manchuria (sekarang kita mengenalnya sebagai Korea).

4. Sangat jelas bahwa Korea dan Mancuria adalah hal yang berbeda. (Gambar 1) Jepang menguasai Korea dari awal abad 20 , dan menguasai Manchuria dengan meletakkan “The Last Emperor Qing” Aisin Gioro Puyi sebagai kaisar boneka Manchukuo. Tulisan diatas ini benar-benar tanpa diiringi pengetahuan sejarah dan geografis yang memadai.

(Gambar 1) Photo Credit : English: Map of Manchuria. for a description of the dark, medium, and light red areas. The World Factbook , CIA

5. Dimasa Hung Hei Kwun itu era keemasan Qing . Masa keemasan Qing sudah menjadi konsensus sejarah sampai tahun 1796 (masa kaisar Qianlong berkuasa)   dengan luas wilayah Tiongkok yang besar sepanjang sejarah. Jadi pada masa Hung Hei Kwun tidak membutuhkan bantuan militer dari negara asing manapun untuk mengatasi masalah dalam negri.

Sesudah Qianlong , Dinasti Qing mulai memasuki masa suram dan di warnai berbagai pemberontakan. Jadi yang dimaksud “HAMPIR MENGALAHKAN” itu pemberontakan Taiping (1851-1864) . Kebetulan Taiping ini di pimpin oleh Hong Xiu Quan yang Kristen dan mengaku sebagai adik Yesus  . Dalam hal ini Barat malah mendukung pemerintah Qing . (Gambar 2 , Gambar3)

Gambar 2 , 3 : Keterlibatan Barat dalam mendukung pemerintah Qing menumpas pemberontakan Taiping. ( Osprey , Taiping Rebellion 1851-1866)


Quote 4 : Namun Pemerintah China sering berupaya mengaburkan jatidiri Wong Fei Hung sebagai seorang muslim demi menjaga supremasi kekuasaan Komunis di China

5. Tidak ada pengaruh signifikan antara “jika” Huang Fei Hung “memang” muslim dan hubungannya dengan supremasi komunis di Tiongkok.Analoginya adalah , jika Pangeran Diponegoro itu seorang katolik , apa hubungannya sama supremasi ideologi di Indonesia.Apakah serta merta Papua akan bergolak?

Table 3 – Daftar Tokoh Muslim Di Tiongkok

Zheng He – Penjelajah termashur di masa Dinasti Ming
Ma Huan – Kolega Zheng He
Bai Chongxi – Jendral muslim di tentara Republik Tiongkok
Chang Yuchun – Jendral muslim di masa dinasti Ming
Dong Fuxiang – Jendral muslim dimasa dinasti Qing
Klik Ma – keluarga warlord bermarga Ma yang berkuasa di masa Republik Tiongkok
Ma Zhanshan – pejuang gerilya melawan Jepang dimasa SIno-Japanese War II
…….
……
dstnya

Coba lihat : http://en.wikipedia.org/wiki/Islam_in_China


Kesimpulan

1. Tulisan “Huang Fei Hung adalah Muslim ” ini adalah hoax yang memanfaatkan sentimen agama untuk membangkitkan kebanggaan semu.

2. Bantahan tulisan ini tidak bermaksud untuk menyinggung umat beragama tertentu, tetapi berusaha meluruskan disinformasi yang ada pada tulisan tersebut. Dan juga bermaksud mengingatkan para pembaca di dunia maya agar lebih berhati-hati dalam membaca dan apalagi membantu menyebarluaskan dengan mencomot tulisan yang tidak bertanggung jawab untuk di posting dalam blog sendiri.

3. Tokoh beragama Muslim di Tiongkok pun sangat banyak dari pejuang , pahlawan , master bela diri , dan berbagai bidang lainnya. Jadi tidak perlu termakan oleh tulisan hoax yang menawarkan kebanggaan semu . Yang pada gilirannya tulisan hoax tersebut , malah melakukan pembodohan .

4. Marilah segenap netizen di Indonesia untuk waspada terhadap tulisan2 hoax yang seolah menguntungkan pihak tertentu tapi sebenarnya sedang melakukan pembodohan .

5. Contoh yang lebih kompleks adalah buku 1421 – Gavin Menzies yang seolah menawarkan kebanggaan semu kepada Tionghoa karena klaimnya bahwa armada Tiongkok menemukan Amerika sebelum era Columbus. Ini lebih gawat dari hoax sederhana diatas itu.

Parahyangan

http://parahyangan.wordpress.com/2010/05/05/hoax-wong-fei-hung-seorang-muslim-adalah-hoax/

Juga dimuat di web.budaya-tionghoa.net

 

About these ads

121 thoughts on “[Hoax] Wong Fei Hung Seorang Muslim Adalah Hoax

  1. SETUJU !!!

    PEMEERINTAH CHINA TETAP AKAN TERBUKA APA ADANYA MENGENAI KEYAKINAN SESEORANG. JIKA MUSLIM MAKA AKAN DISEBUT MUSLIM. TIDAK ADA YANG DITUTUP_TUTUPI.

    CONTOH ADALAH JENDRAL BAI CHONG XI. BELIAU ADALAH JENDRAL DARI PIHAK KUOMINTANG. BELIAU MEMANG SEORANG MUSLIM.

    CONTOH KLASIK ADALAH LAKSAMANA CHENG HO YANG MEMANG SEORANG MUSLIM.

    JANGAN KLAIM SEMBARANGAN !!!

  2. itu sumbernya dari mana, ya? Mana buktinya kalau WFH non-muslim (karna tulisan di atas cuma koreksi redaksiona)?… kesimpulannya sentimentil juga, ah, sama saja ; tulisan “hoax” tentang “hoax”. :P

    • tidak perlu sentimentil , darimana bisa ada aturan manchuria itu korea, terus bagaimana bisa urutan dinasti yuan , ming dan qing di bolak balik . (ini sama saja mengatakan VOC ada lebih dulu daripada majapahit) Kalau itu sudah jadi pengetahuan umum , tapi klo ndak percaya , mulai yang gampang dulu wiki , atau klo mau serius , baca cambridge history

    • ente pernah membaca atau tahu sejarah China ngak..?? kalo belum tu di wikipedia ada…dibaca aja ntar nanti renungkan sendiri…dari tulisan berita itu kan nampak banget banyak kesalahan dan asal tulis aja…dari segi sejarah aja uda salah apalagi sampe tokoh nya…fikiran ente uda sempit kali ye……

  3. bukunya ada di jual d gramedia,,penulisnya professor darichina klw g salah namanya
    prof yu xin
    penerbit solomon
    silahkan d cek,,d beli lalu d baca….Ok!?

      • Kalau mau baca sejarah lengkap china silahkan beli buku Sang Naga Dari Timur yang ditulis oleh Yusin Hendri Wangsa(Chen Youxin). Anda akan mengerti beda antara dinasti qing dgn dinasti c’hin dan manchuria dgn korea. Jadi tolong kalau mau buat tulisan jangan asal apalagi menyebut tokoh besar dengan membawa unsur keagamaan. Wong Fei Hung bukan muslim!!! Huruf fei dalam namanya bukan berarti lafal arab yang dichinakan. Dan huruf hung juga punya arti tersendiri dalam bahasa china yang tidak ada sangkut pautnya dgn huruf/nama arab!!! Jadi tolong jangan memutarbalikan fakta sejarah bila pengetahuan tentang sejarah itu sendiri belum menguasai! Xie xie

    • @fadhli…apakah tulisan dari seorang penulis di jaman modern tentang event masa lalu yg mana penulis nya sendiri belum lahir bisa dibenarkan tulisan nya…??? mana yg lbh benar tulisan dari seorang penulis atau sejarah yg tertanam dlm tembok yg didirikan pd jaman dinasti China dulu. pikirkanlah dgn fikiran yg se-sehat2nya…. Trims…

  4. great analize by parahyangan… i do appreciate it.

    buat yg lain, ini adalah dasar pemikiran yang telah dibuat melalui proses pembelajaran & pemahaman melalui sumber2 yang bisa ditunjukkan. Jika kurang setuju, silahkan tunjukkan bukti lain yang menguatkan opini anda. Tp jika kurang berkenan ya jangan menyerang penulis lain. Coba anda juga buktikan kalo menyangkal hal itu!
    Anda semua berhak menerima ato menolak kok, selama ada bukti yang bisa disertakan. Jangan memaksakan opini kepada yang lain jika tidak yakin, karena tidak semua orang meyakini agama anda-lah yang paling benar. Semua punya keyakinan masing2. Semua agama/keyakinan itu baik. Apapun agama yang dipeluk, pasti mengajarkan untuk berbuat baik & bijak. Menurut saya sih begitu, ga tau kalo anda bagaimana dalam mempelajari agama Anda. Tp saya yakin agama anda tidak menyuruh anda untuk berbuat jahat.

    • sorry baru bales , saya lagi sibuk ikut terlibat dalam web komunitas

      @Ian

      Baru beberapa fakta mudah saja tulisan seperti itu sudah berantakan , bahkan yang awam sejarahpun bisa menemukan berbagai kejanggalan hanya dengan buka wikipedia , tidak perlu buka cambridge, dan yang mengkhawatirkan adalah masyarakat kita itu kurang kritis dalam menyimak suatu tulisan tanpa dasar , malah beredar dengan cepat dalam berbagai blog ,[budaya copas ] ini bukan masalah agama .

      Apalagi berhadapan dengan tulisan yang lebih meyakinkan [tapi hoax] , dan perlu buka2 sumber cambridge ?

      Mari masyarakat membaca dengan lebih kritis dimulai dari diri kita sendiri.

    • terus kalimat singkat diatas itu bisa dipertanggungjawabkan ? pertama , cek dulu via wiki klo lum puas , klo rajin boleh cek buku tebal di cambridge …….

      berikutnya komen2 tidak relevan seperti ini akan didelete …….

    • @cinde… ingat yg tau sejarah China adalah negara China…jd kalo ente tdk percaya coba tanya aja langsung ke dubes China dan buka telinga lebar2 biar puas ente dengerin semuanya…

  5. wfh,mau muslim,kristen,budha,atau apa juga gk da mslh yg penting wfh pendekar legendaris,gue suka liat flim wfh.

  6. Thanx for share.
    Dari sini saya mendapat pelajaran bahwa hal-hal yg ditulis di media internet tidak selalu benar adanya.
    Mulai sekarang saya harus lebih jeli/teliti membaca kejanggalan dan menelusuri sumber yg tepercaya lebih dahulu, baru mengambil kesimpulan.
    Terima kasih kepada penulis. ^^

  7. dlm wiki juga Xda menerangkan bahwa WFH ini muslim atau tidak.. samaada dia menyembah @ tdk.. So isu ni Xdapat nak dipastikan.. tp ada terdapat crita yg saya petik dr kawan2 chienese sendiri… bila mereka pergi menyembah tugu WFH dilarang sama skali bawa babi dan arak.. itu yg membuat satu kemuskilan.. diorang kata WFH Xsuka itu.. so ?? tanda tanya bukan??

    • @yusri… dlm agama Buddhis jg dilarang menyembah dgn jenis yg berdarah apalagi memotongnya lagi…yg menyembah dgn jenis yg berdarah adalah keyakinan tradisional CHina bukan agama Buddha. jd ente pelajari dulu ajaran Buddha itu yg gimana…atau kalopun boleh coba ente jalan2 ke Tibet, Nepal, Thailand, Srilanka atau negara2 Buddhis yg ketat hukumnya nanti ente pelajari ya…

  8. betul bgd, paling ga kasih lah bukti2 yng menyatakan WFH islam. jangan asal claim aj. kalo ceng ho memang ada buktinya, dia berasal dai suku Hui yang merupakan suku islam di cina. kalo wfh mana? apalagi ada tulisan lain yang bilang kalo Judge Bao juga islam, namun gaada bukti atau sebutan sama sekali kalo dia adalah muslim.

  9. The claim that Master Wong is a Muslim is a hoax. This is just one of the many rumours deliberately created to claim great historical values and/or incidents as belonging to these people’s own kind.

  10. Saya baru jalan2 dari Ramayana Cimahi dan mampir ke toko buku di lantai atas, saya menemukan buku bagus tapi gak beli cuman dibaca. Sebelumnya saya banyak baca di internet bahwa WFH muslim tapi banyak yang menyangsikan kebenaran informasinya. Tapi setelah baca bukunya saya jadi percaya. Kesimpulannya : artikel tentang Wong Fei Hung muslim sangat berdasar. Coba semua pada nyari bukunya dech, judulnya Orang-orang China yang Mempengaruhi Dunia Islam ditulis oleh Xu Xin, Penerbit Pustaka Solomon Yogya Tahun 2010. Khusus membahas WFH ada di halaman 131. Apa yang ada pada artikel di atas tidak beda dengan isi buku tersebut. Jadi yang terlanjur berpendapat informasi WFH hoax dan tidak berdasar cabut lagi dech pendapatnya. Kalau belum berpecaya juga cari di toko2 buku dan tanyakan buku tersebut……. pasti ada.

  11. ngapain kalian mempermasalahkan agama Wong Fei HUng dia saja menolong orang yang tertindas tanpa membedakan suku,ras,dan agama!!!!yang diambil segi positifnya aja

  12. Islam tetap jaya ! nggak pengaruh apakah wfh islam atau bukan. kalo benar muslim ya sykur, nggak juga nggak papa

  13. Pantes muslim gak maju2. Pikirannya kayak gini ternyata. Apalagi muslim yang komen2 di sini, aduh, kayak anak sd logikanya. Ok dah, semua tokoh sejarah yang loe suka atau loe target rasnya supaya masuk islam itu semua sesungguhnya muslim, tinggal tulis sana sini tanpa bukti, post, duduk manis, terus ngakak liat orang2 muslim bersorak kegirangan. Gini toh modus orang beriman, rendahan ya.

  14. Artikel2 kayak WFH muslim itu menarget mentalitas domba dan kebodohan jaman sekarang yang menjangkit sebagian besar masyarakat indonesia. Penipuan bidang ekonomi udah sering, eh sekarang ada yang kayak begini. Parahnya, udah jelas penipuan, eh, korban masih aja berguguran. Pantes penipu2 itu bisa hidup terus, lha dikasih makan sih.

  15. super………………..hoax………kok dipercaya…….tulisan telanjang tak ada baju sama sekali…….tak ada referensi….orang2 islam zaman sekarang yg percaya begituan itu perlu dipertanyakan…….khabar kabur……dianggap bener….khabar yg nyata dianggap sepele……..sediiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiihhhhhhhhhhhhhhhhh, banget ummat islam yg kayak giniiiiiiiiiiiiiiiiiiiii…………………

  16. Padahal umat Muslim banyak tokoh terkenalnya juga ya. Kenapa sampai2 mengakui tokoh2 terkenal lainnya sebagai muslim yang saya tau albert einstein juga di bilang muslim. Apakah mereka sudah kehabisan tokoh Muslim.
    Dan bodohnya lagi kok banyak yang mensyukurinya.
    Kalau nggak ada fakta mana boleh dihubung2 kan. Lagian kalau bener muslim kenapa pemerintah China harus nutupin, kayaknya pemerintah China nggak sepicik itu deh.

  17. yang namanya sejarah pasti ada bukti peninggalan yg nyata dan menguatkan, jika tidak ada bukti = pembohong/penyesat sejarah.

    manusia diberi akal untuk berpikir rasional, bukan asal percaya dengan cerita fiktif.
    klo anda belajar sejarah dan ilmu pengetahuan lainnya jangan campurkan dengan sentimen keagamaan…GUNAKAN AKALMU SUPAYA ANDA MENGERTI YANG SEBENARNYA.

  18. udah klo gk ada faktanya dan gak ada data asli penelitian dan valid nya ?
    gak usah berkoar lo… dasar kristen nih yg punya….
    lakanatullahi alaikh

  19. klo rajin boleh cek buku tebal di cambridge….
    eehhh,, emang loe pernah baca dimana ???
    gaya looo…
    ke cambridge aja blm pernah… mo ngadalin muslim,… dasar kafir

    • hehehe
      emang gak pernah baca seri sejarah cambridge history yah ? kasihan deh

      atau gini deh ;

      coba mulai dari yg sederhana saja ; urutan dinasti tiga terakhir

      quote hoax :
      ………Dinasti Ch’in ialah Dinasti yang merubuhkan kekuasaan Dinasti Yuan yang memerintah sebelumnya. Dinasti Yuan ini dikenal ………cut

      nah

      dinasti yuan (1271- 1368)
      dinasti ming (1368- 1644)
      dinasti qing (1644-1911)

      coba cek disini dulu deh ; http://en.wikipedia.org/wiki/History_of_China

      lagipula itu hoax sudah salah ketik ; dinasti ch’in itu ejaan lain dari dinasti qin (221 to 206 Sebelum Masehi)

      jadi yang mau ngadalin muslim itu siapa yah ? diri sendiri yang mau dikadalin kali , entar ada yang nulis

      banyak tokoh2 muslim yang hebat kok . contoh , al khowarizmi (algoritma) , al kindi , laksamana chengho ; dstnya , mau WFH muslim atau tidak juga gak penting ,

      yang penting jangan sampai karena hoax simple begini sudah banyak yang kemakan ….

      jangan karena fanatik jadi gampang kemakan hoax

  20. Ini analisa ya? cukup baik juga analisanya disertai dengan gambaran sejarah, baik muslim atau nggak coba kita lihat nanti bukti-bukti sejarahnya mengarah kemana, saya juga lagi cari-cari sumbernya sebelum me-republish berita ini

  21. salut buat parahyangan yg mau repot2 menulis ini, saya praktisi silat tradisional yg juga tertarik membaca-baca sejarah terutama yg berkaitan dgn beladiri dunia, pertama kali baca hoax itu reaksi saya cuma ketawa2 aja tuh..

  22. Semua manusia yang berjuang di jalan kebenaran demi kemanusiaan yang beradab sudah layak disebut Muslim, Buddhist, Kristiani dll. Karena semua agama mengajarkan kebenaran & kebaikan.

  23. setau gw orang 2 fushan tuh mayoritas agamanya taonisme. islam gak masuk ke utara china OON islam tuh cuma mangkal di laut cina selatan. gw orang keturunan orang tiongkok asli pasti tau lah sejarah kampung leluhur gw sendiri jadi U JANGAN PERNAH NYANGKAL LAGI KALO ORANG KANTON ITU MAYORITAS ISLAM.

  24. Mau muslim, mau kristen, mau buddha.
    ƍäª ada urusan ma kt.
    Percaya aja ma agama masing2
    Jgn saling mengganggu, saling menjerit da cukup.
    ˚☺k˚ ºќ ˚☺k

  25. Tentang Cheng Ho yang disebut sebagai muslim juga hoax…
    Cuma di Indonesia doang yang bikin cerita gini…
    Ngakunya cheng Ho ulama…
    Masa’ ulama muslim disana-sini yang dibangun malah vihara…
    Di thailand bangunnya vihara…
    di indonesia bangun vihara juga…
    Lucunya malah diakui sebagai ulama muslim…

  26. semua kemungkinan tetap ada, jgn2 yg gak setuju itu hanya karena takut klo keyakinan selama ini salah…. ehhh, siapa tahu klo santa klaus itu juga…..

  27. hahaha… kerdilnya bangsa ku ini,, sudah di Ikrarkan Binekha Tunggal Ika aj masih aj gontok2an,,

    Ini hanya pengingat bagi saudara2 Muslim, jika sebuah hal itu masih belum bs di pastikan kbenarannya dan tidak tau sendiri kebenarannya lebih baik tidak usah terburu2 di sebar luaskan,, itu sama saja dengan fitnah,,

    Lakum diinukum wa liadhiin,, aku menghormati saudara2ku setanah air yg berbeda agama,,
    bahkan haram mencaci maki sembahan mrk, “Dan janganlah kamu memaki sembahan2 yg mrk sembah selain Allah, krn mrk kelak akan memaki Allah dg melampaui batas tanpa pengetahuan yg benar…” (QS Al-An’am : 108).

    Nabiyullah Muhammad SAW sendiri pernah dilempari dengan kotoran unta, dilempari batu hingga giginya tanggal dan berdarah, tp saat seorang yg sering melempari Rosululloh dgn kotoran onta itu sakit dan Rosululloh tidak mendapati bahwa beliau di lempari lagi, beliau pun dgn hati lapang menjenguk seorang kafir Quraisy tsb.

    tempuh lah jalan damai dan sabar hai saudara2 Muslim ku,, tuk mengenalkan Islam ke Dunia,, meski kita terDzolimi, ttp lah sabar..

  28. Ketika genghis khan meninggal, dia membagi2 wilayah kepada keturunannya. Dan salah satu keturunannya mendirikan dinasty yuan di china…

  29. Tadinya gw tertarik tentang cerita sejarah mengenai genghis khan yang super power mampu mengusai sebagian besar daratan asia, terus menyambung ke cerita dinasty yang pernah mengusai china. Pas baca artikel ini kenapa jadi masalah agama? yang mau debat masalah agama, sini sama gw. Ga peduli, agama lw apa? mau islam atau kristen agama yang lw peluk klu merasa agama lw benar TETAPI AGAMA LAIN SALAH DAN LW BERHAK MENGHINA, gw tanya 1 pertanyaan : Tolong sebutin ayatnya di al quran atau injil yang menyebutkan boleh menghina agama orang lain? kenapa jadi para fanatik agama dadakan begini yang muncul -_-’

  30. Kalau ada waktu, beli dan bacalah sampai selesai buku “Munculnya Ya’juj & Ma’juj di Asia.” Saya sendiri sudah melakukannya. Memang benar bahwa buku tersebut termasuk buku sejarah Islam, akan tetapi agar objektif, lepaslah atribut agama yang kita anut, tujuannya semata-mata mempelajari sejarah peradaban manusia masa lalu secara objektif.
    Jujur saja, saya tercengang setelah membaca buku tsb. dan menurut pemikiran saya buku tersebut dapat menguak sejarah dunia masa lalu dan bahkan peradaban suku Maya sampai sejarah bangsa Bugis yang mahir membuat kapal (phinisi).
    Semoga bermanfaat.

  31. Wong Fei Hung Alias Huang Fei Hung adalah terlahir di negeri Tiongkok bermarga Wong / Huang. Mereka memang adalah keturunan dari keluarga patriot yaitu keturunan Jendral Huang, yang terkenal pada dinasti Ming dahulu. Jadi Dinasty Qin itu merobohkan dinasty Ming. Agama keluarga Wong bukan Islam dan bukan juga Buddha melainkan Kong Fu Chu yang merupakan agama Asli di Tiongkok.

    Namunpun demikian, memang benar banyak juga patriot patriot yang beragama Islam baik yang tercatat maupun yang tidak. Salah satunya adalah Jendral Chen Ho yang juga dikenal dengan gelar Sam Po Kong (Gelar penghormatan dari agama Kong Fu Cu yang artinya kurang lebih adalah Dewa Perang yang berkebijaksanaan tinggi ). Pembinaannya memang mencapai tingkat Wali. Beliau dan pasukannya adalah Muslim yang Taat.

    Sebenarnya Bangsa Tiongkok lebih dahulu mengenal dan memeluk agama Islam dari pada bangsa Indonesia. Mereka sudah muslim, utamanya di Tiongkok utara seperti propinsi Xing Jiang, Guang Xi dan lain lain sebelum kita. Sementara pada saat itu bangsa Indonesia atau dahulu Nusantara pada masa kerajaan Sriwijaya masih beragama Hindu. Pusatnya di Sumatera. Kekuasaannya sangat luas meliputi seluruh Indonesia (termasuk seluruh kalimantan dan papua) ditambah semenanjung malaka, Laos, Birma, Kamboja, Vietnam hingga ke Philipina. Dan Setelah agama Islam masuk ke Nusantara dengan raja pertama memeluk agam Islam bergelar Sultan, kerajaan berubah nama menjadi kerajaan Samudera Pasai

  32. Jadi saudara-saudaraku sebangsa setanah air Indonesia. Tak usah gonto gontokan. Wong Fei Hung Mau itu muslim, non muslim atau atheis sekalipun tidak usah kita perdebatkan. Yang Penting adalah kita ketahui jiwa patriotismenya, jiwa abdi negara sejati, abdi kepada kebenaran yang sejati, pembela kaum lemah, pembela kebenaran, berjiwa pemimpin yang teguh, tangguh, disiplin. Nah itu semua kita ambil untuk memperkaya, untuk membangun diri kita.

    JADIKAN DIA SEBAGAI INSPIRASI KITA SEBAGAI BANGSA INDONESIA YANG BERAGAMA, BERSATU WALAUPUN MAJEMUK DALAM PERBEDAAN, TAPI BERSATU HATI DAN BERSATU KEBAJIKAN, MENEGAKKAN AGAMA MASING-MASING DAN MENJUNJUNG NEGARA INDONESIA YANG KITA CINTAI INI.

    WONG FEI HUNG MEMANG UDAH BERHASIL, BUKTINYA ADALAH SEJARAHNYA. NAMUN KITA ? APAKAH KITA JUGA BISA MENELADANI PERILAKUNYA ? DIA BUKAN LAGI MILIK ORANG TIONGKOK / CHINA, ATAU BUKAN MILIK SEGELINTIR GOLONGAN, BUKAN MILIK KETURUNAN TIONGHOA DI MANAPUN DI MUKA BUMI, TAPI DIA ADALAH MILIK UMAT MANUSIA DI MANA PUN DI MUKA BUMI.

    SEPERTI ORANG ORANG HEBAT YANG LAIN BAIK DARI ISLAM, KRISTEN, HINDU BUDDHA DAN LAIN LAIN.

    MARI CIPTAKAN HIDUP LEBIH BAIK YANG PENUH KEDAMAIAN. INGAT KITA SEMUA DI DUNIA INI SEBENARNYA SATU KELUARGA.

    DIMULAI MANUSIA/INDIVIDU HENDAKNYA HARMONIS DENGAN DIRI SENDIRI
    KEMUDIAN MANUSIA HARMONIS DENGAN SESAMA MANUSIA,
    LALU MANUSIA HARMONIS DALAM SATU KELUARGA
    KELUARGA KELUARGA HARMONIS DALAM SATU KOTA, SATU BANGSA
    KEMUDIAN MANUSIA HARMONIS DENGAN ALAM

    JADI MANUSIA, KELUARGA, BANGSA DAN ALAM MENJADI SATU KELUARGA TAMAN SEMESTA YANG HARMONIS DAN DAMAI.

    MARI KITA MEWUJUDKANNYA

  33. Jendral Chen Ho tidak pernah membangun Vihara2, yang ada adalah orang orang lain yang mengenang dan menghormatinya termasuk bangsa Indonesia Suku Tionghoa yang membangun vihara untuk mengenang jasa dan baktinya. Bukan hanya baktinya kepada bangsanya tapi baktinya dalam menegakkan kebenaran dan keadilan. Jadi kembali lagi…Kita ini belum berkarya suci seperti Beliau Beliau yang berasal dari berbagai agama dan bangsa. Mari Kita teladani….namun tetap bersatu dalam walaupun majemuk

  34. Tulisan ini hanya mengoreksi hubungan dinasti serta periode yg ditulis pada sumber yg dikomentari, tapi sama sekali tidak menyentuh inti dari bahasan yaitu tentang tokoh WFH itu sendiri. Hasilnya alih-alih bisa membuktikan kalo WFH tidak seperti yg dituliskan sumber, malah lebih menunjukan kalo penulis ini tidak mengetahui siapa WFH. kecuali sekedar lewat film yg dibintangi Jet lee saja.

  35. Klo menurut aku… Apapun agamanya sih yang penting gimana sikapnya itu? Baik2 aja kan? Bahkan klo nolong org g pandang bulu! Jd sekalipun ia atheis atau agama apapun bukankah tindakan nyata itu jauh lebih berharga? Coba, instropeksi diri dulu… Saya rasa org sana jg g bakalan heboh si WFH muslim apa kagak. So? What’s the matter?

  36. dasarnya apa kalo wong fei hung non islam?gk ad dasarnya cih orang yang otak nya di dengkul yang percaya gk ad yg bisa menutup kemungkinan WFH itu muslim itu kuasa allah

  37. http://www.kungfumagazine.com/forum/showthread.php?t=57586

    buat yg ga bs bahasa inggris pake google translate aja deh, itu forum di cina, khusus di bidang kungfu, yg mana pastinya mereka lebih paham dan tau sejarahnya wong fei hung gmn, gw muslim .. tp pake otak, jangan lo jd fanatik yg berlebihan, FANATISME YANG BERLEBIHAN ADALAH SODARA KEMBARNYA FASIS (yg ngerasa paling bener) … yg ga tau fasis googling aja deh

    dan mereka ngejawabnya santai2 aja kok, pake bukti2 sejarah, ga pake urat, padahal bisa aja mereka lebih emosi dr kita krn satu bangsa dan satu ras

    http://en.wikipedia.org/wiki/Muslim_Chinese_martial_arts

    menurut gw penulis jg bagus melakukan riset dl sblmnya posting di sini, makannya jd org jgn males, internet di depan mata tinggal googling aja kok pd males, terima mentah2 apa yg di tulis org, sama aja kaya terima mentah2 apa yg di janjiin partai pemenang pemilu, jadinya gini deh … berantakan!

    makanya kalo baca tuh jangan setengah2 …Al-Qur’an kalo lo baca stengah2 juga bakal jd salah ….

    thx buat penulis … jgn takut sama preman2 dunia maya

    nb : mo nanya sm yg kira2 arti dari nama Mei Hwa apa yah? thx :D *di google translate agak ngaco*

    • Mei = cantik
      Hwa = bunga…

      Mei Hwa = bunga cantik…

      Ane g tau apakah ada arti dari kiasan itu…
      Cm klo d artikan secara harafiah… Itu artinya…

      *do you know what I mean

  38. Mantap broo….yg posting hoax ga mutu bgtu,,memang pantes d gaplok!!!
    Napa kaga post sklian,,MAO ZE DONG bragama islam,,,,hohohoho,,,lbh tenar lagi tokoh yg 1 ini,,

  39. yg koar” kafir…sgala macam,,,ambil cermin..tatap diri anda,,dan tanyakan sama diri anda sendiri…seberapa anda taat dan beriman sm agama anda……???? klo cuma tertera d KTP doank sih,,mending tau diri!!

  40. sebenar begini bagaimana kalau ada orang lain yang bernama wfh atau apalah itu dan beragama muslim yang kebetulan hidup disaat yang sama di tempat yang sama pula dan profesi nya pun sama gitu dan menurut mu gimana tuh jadi cerita

  41. MAU TAHU YG SEBENARNYA, DI CINA PADA WAKTU ITU ADA 3 ORANG YG BERNAMA WANG/WONG FEI HUNG.YG MENENTANG PEMERINTAHAN MANCHU ITULAH YG WANG FEI HUNG SESUNGGUHNYA,SAMPAI RAMBUTNYA DITATA SEPERTI DIZAMAN DINASTI MING.JADI RAMBUTNYA TIDAK MAU DIKUNCIR SEPERTI FILMNYA SI JET LI ITU.NAH WANG FEI HUNG INILAH YG BENAR2 PAHLAWAN SESUNGGUHNYA,KARENA DIA MELAWAN/MEMBERONTAK SENDIRIAN TANPA TEMAN,KARENA DIA SEORANG PENGEMBARA.MAKA TENTARA MANCHU BERUSAHA MENGEJARNYA TERUS.FAKTA SEJARAH BANYAK YG KABUR/TERSAMAR KARENA ZAMAN ITU KURANGNYA INFORMASI.NAH YG TENTANG AGAMANYA DIA BERAGAMA BUDDHA.

  42. Penjajah China.
    Penjajah VOC belanda itu KRISTEN….apa HOAX??

    Penjajah Belanda di indonesia 350th:
    Gold(rampok), Glory(penjajahan) n GOSPEL(Kekristenan)

    Penjajah Kristen berapa tahun di negri CHINA? ha ..?

  43. Saya heran lihat muslim, tanpa rasa malu dan tanpa bukti suka mengklaim bahwa orang-orang hebat itu beragama islam, Michael Jakson, Napoleon Bonaparte, Sisingamangajara XII, Neil Amstrong dan banyak lagi yang diklaim sebgai muslim dan terbukti semuanya Hoax, ini menandakan muslim rendah prestasi dan ingin dipuji maka beginilah jadinya.

  44. HALAAAH NGURUSIN SING G PENTING LOE SEMW… ORANG GOBLOG DITANGGAPI.. LEBIH GOBLOG SMUA LOE PD… BENTO
    NEE COMMENT PALING BENAR

  45. Saudara2 ku YANG TERHORMAT… Kenapa kita mudah sekali di adudomba? keyakinan kita memang BERBEDA BEDA tapi tidak harus membuat kita BERBEDA… ada lebih banyak hal yang harus kita pikirkan dari pada seperti ini… pemimpin agama kita semuanya mengajarkan untuk BERBESAR HATI… Saudara2 ku apakah kita sadar kalau kita sedang DIADU DOMBA? Yang muslim segera istigfar… Ini masalah keyakinan… Nabi Besar Muhammad kalau masih hidup pasti sedih melihat ini… Boleh kita mempertahankan Agama kita dalam tulisan-tulisan ini… Tapi apakah kita sudah mempertahankan agama kita masing2 dalam tuntunannya… Islam mengajarkan menghargai bukan teradu domba…

  46. menurut Nenek mama saya yang asli dari china , dan pernah bercerita kepada saya tentang wong fei hung menurut dy wong fei hung itu pernah sembayang menggunakan Hio, bukannya menggunakan alkita, ini hanya menurut nenek mama saya , saya tidak bermaksud menghina orang lain bila ada salah kata mohon untuk di maafkan , trima kasih sebelumnya

  47. Eh, para otak 2D yang otaknya lebih sempit dari selangkangan, loe kalo mau bukti kebenaran WFH moslem atau bukan bongkar aja tuh kuburannya, kl di bungkus kayak lemfer berarti bener dia moslem, kl nggak dibungkus nanti dibilang WFH kafir bwakakakaka……. otak 2D memang ilmunya setara ilmu onta

  48. tolong dikaji ulang keduanya, antara blog yang bilang “WFH muslim” ama yang bilang “hoax”. kalo mau bilang WFH itu muslim ato tidak tolong disertai dg bukti ttg apapun yg relevan dg judulnya. kalo dibaca, intinya ttg sejarah hidup WFH tapi minim info yg menjelaskan WFH islam atau ngga. dibaca berkali2 pun, kesimpulannya ” WFH pahlawan” , n ngga bisa menyimpulkan ” WFH beragama islam,kristen, hindu, budha, atau yg lain. why? karena isi dari 2 blog itu ngga relevan ama judulnya.

    yang pasti semua agama mengajarkan kebaikan, ngga ada agama yang bilang nyolong itu baik kan? :v

    itu menurut gw, keep respect buat penulis yang udah repot2 n tetep sabar menerima celaan. ^^

  49. Saya muslim dan jujur saja saya adalah tipe orang yang tidak mudah terprovokasi oleh tulisan2 di dunia maya, terutama tulisan2 yg tidak dilengkapi oleh sumber/referensi yang jelas, termasuk tulisan “WFH seorang muslim” atau tulisan “hoax-wong-fei-hung-seorang-muslim-adalah-hoax” –maaf sebelumnya–
    Bagi saya (muslim), tindakan seperti itu justru merendahkan derajat muslim itu sendiri karena terkesan mengaku-ngaku sesuatu yg belum pasti sehingga membuat golongan (lain) tertentu merasa terganggu dengan berita tersebut,,
    Bagi saya, Muslim atau tidaknya beliau itu bukanlah hal yg substansial, toh kl itu merupakan suatu kebenaran pasti lama-kelamaan akan terbongkar tanpa perlu gontok-gontokkan atau membuat sesuatu berita yg memicu keributan,
    –bukankah kita semua yg bekomentar di sini percaya bahwa Tuhan itu ada dan akan menunjukkan kebenaran yg sesungguhnya– , jadi tak ada untungnya saling berdebat,, :)
    Yang penting bagaimana kita bisa mencontoh sikap patriotisme dan ketulusan beliau –ini juga entah benar atau tidak, saya juga tahu dari media–
    Untuk rekan2 saya sesama muslim, masih banyak sejarah tokoh2 besar dunia–yg jelas2 muslim– yg perlu untuk dikaji dan dipelajari lebih dalam daripada berlelah-lelah menceritakan sesuatu yg belum jelas atau bahkan tidak jelas sama sekali,, :D
    #peace

  50. Saya muslim :D
    Trus ada fakta sejarah yg melihat Wong Fei Hung sedang Sholat ???
    Karena sholat adalah pembeda seorang muslim dengan yg non muslim. :D
    Hanya itu :D
    Terima kasih … :D

  51. BERISIK…
    pada geblek semua.. Cuman gara2 WFH aja udah pada ribut.
    Diindonesia juga punya jagoan yang ribuan kali lebih kuat dari WFH. Ada jago tongkat si hantu dari goa buta. Pendekar sedeng Wiro sableng, Ronggo lawe, Lembu Suro, belum lagi bandung bondowoso yang satu malem aja bisa bikin 1000 candi.
    Dibanding mereka mah, WFH gak apa ada2nya.
    WFH tuh pengecut.
    kalo berani dateng sini. adu ilmu jagoan lokal sini. Gak perlu Ronggo lawe ,wiro sableng dll. Cukup ibu rumah tangga atau nenek2, seribu WFH langsung sujud minta ampun.
    Kalo WFh emang jago, suruh dia ngadepin mak lampir. meskipun udah nenek2 tete aja levelnya diatas WFH.
    Belum lagi ada emak2 sakti yang bisa nyumpahin WFH jadi batu kalo dia bandel, yaitu emaknya maling kundang.
    ..
    ..
    nah daripada ngributing yang gak jelas. Mari kita perkuat keimanan kita sesuai keyakinan masing2. Tetep jaga kerukunan. Perkuat persatuan. biar keliatan pinter dan beragama…….

  52. Dari Jaman Nabi Muhamad memang sudah diajarkan mengcopy paste cerita/sejarah dari bangsa lain untuk dimasukan ke dalam ajaran agamanya dengan berbagai cara. Jadi… kita maklumi aja kalau para pengikutnya juga berkelakuan demikian. Ingat pepatah “GURU KENCING BERDIRI, MURID KENCING BERLARI”, itulah yang bisa dilakukan sekte agama dari Arab itu. Sejarah dibengkokan demi kepentingan agamanya. Segala cara dihalalkan untuk mendapatkan pengikut. Yang sadar dan waras harap maklum…

  53. semua itu maha kuasa yang tahu, yg mengatakan dia Islam tidak ada bukti yang mengatakan dia bukan islam tidak terbukti,
    setahu saya orang china yang beragama islam itu sangat banyak, meliputi xinjing, beijing, dan kota lain nya, bahkan dalam satu situs barat menyebutkan Islam china hampir mencapai 200juta jiwa, ya mungkin aja mengingat total penduduknya aja miliaran jadi masuk akal dong 10% aja sudah ratusan juta jiwa, kita jangan pernah lupa akan sejarah Islam di china sudah ada sejak 1400 tahun yang lalu, kita indonesia baru 600an tahun , wajar aja lah, dan bagi kalian yang tidak senang sama Islam ya wajar aja karena Islam agama yang benar ,hanya menyembah 1 tuhan Yaitu Allah ,tuhan yang menciptakan langit dan bumi serta seluruh isinya, Islam yang di bawakan Rasullulah SAW yaitu Nabi Muhammad hanya meluruskan agama yang ada pada saat itu.
    Wallahualam…………..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s