Beta Israel | Kaum Yahudi Berkulit Hitam

Image hosting by IMGBoot.com

Beta Israel - Israel dari garis 'Dan' di Ethiophia Yang Berkulit Hitam

Bentara.Asia | Beta Israel adalah kelompok komunitas yahudi berkulit hitam di Ethiopia. Beta Israel sendiri berarti “Rumah Israel”. Mereka juga di sebut Falasha (Orang Asing atau Orang Buangan). Kebijakan “Law of Return” Negara Israel dengan tujuan mengembalikan semua diaspora ke Israel membuat Israel melakukan beberapa operasi evakuasi. Operasi di lakukan dengan sandi Musa (Operation Moses, 1984) dan sandi Salomo (Operation Solomon , 1991). Operasi itu juga erat kaitannya dengan bencana kelaparan yang menimpa Ethiopia terburuk dan sempat mengundang simpati sosial dari seluruh warga dunia.

Beta Israel menurut legenda berasal dari kisah Ratu Sheeba dan Raja Salomo. Ratu Sheeba dari Ethiopia kagum akan kemakmuran dan kebijaksanaan Salomo dan melakukan pertukaran hadiah dan kunjungan yang membuahkan seorang anak , Menelik I. Legenda lain menyebutkan bahwa asal usul Beta Israel berasal dari batalion suku Yehuda yang mengungsi saat Kerajaan Israel terpecah menjadi dua di masa Raja Yeroboam. Mereka mengungsi ke daerah Mesir.  Tetapi yang banyak diyakini adalah Beta Israel berasal dari suku Dan yang mengungsi saat terjadi perang saudara antara Rehoboam (Anak Salomo dan Cucu Daud) melawan Jeroboam.

Beberapa catatan sejarah telah menyebutkan eksistensi Beta Israel di era medieval. Di tahun 1488, Rabbi Ovadiah menulis surat mengenai pengalamannya di Ethiopia  saat melihat dua orang berkulit hitam di mesir, mereka menjalankan praktek agama Yahudi dan mereka mengatakan berasal dari suku Dan. Suku Dan adalah satu dari 10 suku Israel yang hilang setelah masa aneksasi Asiria(Sekarang Irak) dan masa pembuangan dan perbudakan terhadap kaum Israel.

I myself saw two of them in Egypt. They are dark-skinned… and one could not tell whether they keep the teaching of the Karaites, or of the Rabbis, for some of their practices resemble the Karaite teaching… but in other things they appear to follow the instruction of the Rabbis; and they say they are related to the tribe of Dan.- Rabbi Ovadiah Yare of Bertinoro , Jerusalem 1488.

Di tahun 2001 , penelitian DNA dari Universitas Stanford menemukan kemiripan gen antara 11 sampel Falasha (Beta Israel) dan 4 sampel Yahudi-Yaman. Hal ini menunjukkan adanya hubungan bahwa Yahudi-Yaman berasal dari migrasi balik kaum Yahudi dari Ethiopia masuk ke Yaman. Tetapi penelitian DNA Mitokondria yang menelusuri gen yang hanya di wariskan oleh garis ibu membuktikan bahwa dari garis ibu , gen Beta Israel adalah lokal. Hasil penelitian ini menunjukkan kekurangan gen wanita berdarah yahudi pada kaum Beta Israel . Proses kawin campur dengan wanita lokal menyebabkan garis perbedaan yang semakin jauh.

Agama kaum Beta Israel semula berbasis ajaran Yahudi. Tetapi sempat terjadi proses kristenisasi dan setelah kebijakan negara Israel di keluarkan (Law Of Return). Beta Israel yang telah di tampung Israel ini menjalankan kembali praktek Yahudi. Estimasi jumlah Beta Israel di Israel adalah sekitar 120 ribu jiwa. Mereka di evakuasi dari Ethiophia dengan beberapa kloter.Pemerintah Israel lantas mengeluarkan beberapa peraturan menyangkut kehidupan sosial Beta Israel, dari soal pendidikan , pemukiman , etcetera.

Permasalahan sosial timbul karena imigran Beta Israel buta huruf dan tidak teredukasi. Berbeda dengan kaum imigran dari bekas Soviet yang siap di lapangan kerja dan lembaga pendidikan di Israel. Pemerintah Israel menyikapi kondisi ini dengan mengurangi arus imigrasi dari Ethiphia. Banyak Beta Israel yang akhirnya terjun sebagai bagian dari militer  untuk memperbaiki taraf hidup mereka.

Bentara.Asia

About these ads

3 thoughts on “Beta Israel | Kaum Yahudi Berkulit Hitam

  1. thanks atas info mengenai israel hitam
    saya mau menanyakan mengenai adanya info yang saya dapat bahwa salah satu suku insrael yang hilang
    terdapat di indonesia. Tolong penjelasannya.

    salam

    • @yosep

      Maaf baru bales

      Banyak spekulasi diantara suku israel yang hilang tersebut , ada yang sebut di tiongkok , di india , kurdi , eropa , afrika , belum ada yang bisa memastikan .

      Tapi soal di Indonesia dan di Tiongkok , mungkin jika saya ada waktu akan teliti lebih jauh , dan akan kabari anda disini .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s